Deteksionline.com, Jakarta – Jaksa Agung ST Burhanuddin mengharapkan Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Jaksa Agung dapat menjadi wadah bagi para mahasiswa hukum dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan wawasan mengenai praktik peradilan di Indonesia.

Hal itu disampaikan Burhanuddin dalam pidatonya yang dibacakan oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badiklat) Kejaksaan RI Tony T Spontana pada Acara Pembukaan Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Jaksa Agung ke-7 Tahun 2023 yang diikuti sebanya 289 mahasiswa fakultas hukum dari 16 delegasi.

“Jaksa Agung berharap seluruh peserta dapat menampilkan kemahiran dan keterampilan praktik peradilan dengan memperagakan bagaimana proses persidangan perkara pidana, serta pengalaman yang didapatkan dari kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan kepada seluruh peserta kompetisi dan cakrawala berpikir untuk menentukan gambaran karir mahasiswa hukum setelah lulus kuliah nanti,” Ucap Jaksa Agung di Badiklat Kejasaan RI, Jl. Harsono RM, Ragunan, Ps. Minggu, Jakarta Selatan.

Jaksa Agung meyakini kegiatan Kompetisi Peradilan Semu Nasional Piala Jaksa Agung tersebut dilaksanakan dengan semangat fair play antar peserta sehingga dapat terselenggara dengan lancar dan menumbuhkan sikap mental ksatria.

Tony menyampaikan, Jaksa Agung berharap seluruh mahasiwa yang terlibat dalam kegiatan tersebut dapat memanfaatkan acara Peradilan Semu Nasional itu dengan sebaik-baiknya.

“Untuk itu, Jaksa Agung meminta agar memanfaatkan acara ini dengan sebaik-baiknya sebagai wadah untuk saling bertukar pikiran maupun pengalaman, baik antara peserta maupun dengan panitia, karena salah satu tujuan diadakannya acara ini adalah menumbuhkan kebersamaan dan kekeluargaan,” ungkapnya.

Dalam acara tersebut juga dihariri oleh Rektor Universitas Pancasila beserta jajaran, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum, Ketua Badan Pembinaan Hukum Nasional, dan Ketua Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). (Nando).