Deteksionline.com, Jakarta – Pj. Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan, di dampingi Sekretaris BKPSDM Kabupaten Kepulauan Mentawai Arsenius Samaloisa, menghadiri Rapat Koordinasi dalam Rangka Persiapan Perencanaan dan Pengadaan ASN Tahun 2023 di Lingkungan Instansi Pemerintah, di Pullman Hotel Jakarta, Selasa, (30/11/2022).

Pasalnya, memasuki akhir tahun 2022 ini, pemerintah mulai merancang perencanaan pengadaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan instansi Pemerintah tahun 2023. Salah satu perencanaan pengadaan Aparatur Sipil Negara di tahun 2023 mendatang itu, adalah tenaga guru dan juga tenaga kesehatan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan pemerintah akan melanjutkan target pemenuhan kebutuhan Guru dan tenaga Kesehatan secara nasional melalui pengadaan ASN tahun 2023.

“Pendidikan dan kesehatan menjadi prioritas, dan kita bahas hari ini bersama Pak Nadiem Makarim dan Pak Budi Gunadi Sadikin. Tentu sektor lain juga kita siapkan formasinya,” kata Menteri Anas dalam acara Rapat Koordinasi Rencana Pengadaan ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah Tahun 2023.

Menteri Anas mengimbau instansi pemerintah pusat dan daerah untuk mengusulkan kebutuhan ASN di tahun 2023. Penyampaian kebutuhan ASN tersebut tentunya dilakukan dengan mempertimbangkan analisis jabatan dan analisis beban kerja. “Mari kita data bersama terkait dengan kebutuhan dan jumlah ASN yang mendesak yang perlu segara kita penuhi,” tuturnya.

Anas mengatakan, arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2023 memberi kesempatan untuk rekrutmen talenta digital berupa data scientist secara terukur. Perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS) juga akan dilakukan dengan sangat selektif.

Senada dengan Anas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemenuhan tenaga kesehatan di daerah harus diikuti oleh komitmen Pemda untuk mengajukan formasi yang sesuai dengan kebutuhan.

“Saya minta seluruh daerah segera mengisi formasi yang dibutuhkan untuk 2023,” tutupnya.