Deteksionline.com, Cianjur – Ketua Mahkamah Agung (MA) Prof. Dr. H. M. Syarifuddin memberikan bantuan kepada masyarakat dan warga peradilan yang terkena bencana alam, gempa di Cianjur.

Syarifuddin melalui Humas MA, Soebandi mengatakan, Kunjungan tersebut merupakan aksi nyata dari kepedulian Mahkamah Agung terhadap warga peradilan dan warga Cianjur yang terdampak gempa.

“Pada kesempatan tersebut Ketua Mahkamah Agung bertemu langsung dengan warga peradilan yang terdampak gempa. Rombongan juga meninjau langsung gedung pengadilan Negeri Cianjur dan Pengadilan Agama Cianjur yang terdampak gempa,” Kata Soebandi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (30/11/2022).

Dalam kunjungan tersebut, ketua Mahkamah Agung didampingi oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non Yudisial, Ketua Kamar TUN, Panitera Mahkamah Agung, Sekretaris Mahkamah Agung,Kepala Biro Hukum dan Humas, Ketua Umum IKAHI, Ketua Umum Dharmayukti Karini, menyambangi Pengadilan Negeri (PN) Cianjur dan Pengadilan Agama (PA) Cianjur.

“Beberapa bagian bangunan Pengadilan Negeri Cianjur yang terdampak gempa adalah ruang sidang, ruang arsip, genting-genting yang menggeser bahkan hampir jatuh, dan tembok-tembok yang retak. Menyikapi hal tersebut, Pengadilan Negeri Cianjur memiliki ruang sidang sementara yang terbuat dari tenda,” Ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Ketua MA bersama rombongan memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 567 Juta kepada warga peradilan dan masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Mahkamah Agung bekerja sama dengan Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) dan Dharmayukti Karini memberikan bantuan berupa uang sejumlah kurang lebih 567 juta. Uang tersebut diberikan kepada warga peradilan dan warga Cianjur yang terdampak gempa,” Ucap Soebandi.

Soebandi mengaku, uang tersebut diterima langsung oleh warga peradilan dan untuk masyarakat cianjur diberikan Petuga dari Pemerintah Daerah Cianjur dan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cianjur.

“Ketua Mahkamah Agung berharap bantuan yang diberikan bisa mengurangi kesedihan yang menimpa para korban. Ia berdoa semoga para korban segera pulih dan bisa beraktifitas kembali,” pungkasnya. (Nando).