Deksionline.com, Mentawai – Peduli terhadap masyarakat Pulau Mentawai Sumatera Barat (Sumbar), Pejabat Bupati Kepulauan Mentawai Martinus Dahlan melaunching Mentawai Fast.

Hal tersebut dilakukan untuk mepermudah transportasi masyarakat yang terdapat di pulau Mentawai melalui pemberian subsidi kepada PT. Mentawai Anugerah Sejahterah.

Pejabat Bupati Mentawai, Martinus Dahlan mengatakan, kepedulian pemerintah kepada masyarakat dan dukung kerjasama dengan DPRD Kepulauan Mentawa, membuka layanan Kapal cepat antar pulau yang akan melayani rute Tuapeijat, Siberut, Sikabaluan dan Sikakap.

“Layanan kapal cepat antar pulau ini membutuhkan proses serta adanya dukungan dari DPRD Mentawai dan Masyarakat. Sehingga hari ini bisa di lakukan launching” kata Martinus Dahlan.

Guna mempermudah dan meningkatkan perekonomian masyarakat lanjut Martinus, hanya satu alternatif yang bisa di lakukan yaitu membuka akses transportasi, Kep. Mentawai pulau terluar di kelilingi laut.

Kehadiran kapal cepat antar Desa Kecamatan dan langsung Kota Kabupaten sangat menunjang perekonomian masyarakat serta pengurusan lainnya akan mempermudah apapun masyarakat, karena akses transportasi semakin mudah.

Sementara kapal milik Pemkab akan tetap beroperasi yang akan melayani antar kecamatan ke desa lain yang tidak di lalui oleh kapal cepat antar pulau, kata PJ, Bupati Mentawai, Martinus Dahlan

“Ini merupakan komitmen pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, Mentawai, Kapal cepat antar pulau dengan membuka akses transportasi kepada masyarakat agar memudahkan dalam urusan apapun” ujarnya

Tak hanya itu saja, bagi masyarakat yang sakit atau yang di rujuk akan di beri pelayanan gratis sesuai kerjasama dengan pihak pengelola kapal cepat antara pulau.

Salah seorang tokoh masyarakat yang hadir dalam Lauching Mentawai Fast tersebut mengatakan, dengan dilounchingnya Kapal cepat itu, merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah Daerah Kab. Mentawai dalam kepemimpinan Pj. Bupati Mentawai, Martinus Dahlan untuk mempermudah serta meringankan beban masyarakat.

Pasalnya, selama ini waktu yang berjam-jam dari Kecamat ke Kota Kabupaten baru sampai tetapi sekarang kehadiran Mentawai Fast antara pulau hanya sekitar satu jam setengah lebih kurang sudah sampai.

“Dengan adanya layanan kapal cepat antar pulau ini terbantu masyarakat kita serta bisa meningkat perekonomian masyarakat nantinya ”kata yang tidak mau ditulis namanya.

Selain Pj Bupati Mentawai, Martinus Dahlan, turut hadir juga ketua DPRD Yosep Sarogdok dari fraksi PDIP, Direktur utama PT. Mentawai Anugerah Sejahtera Wilyam Iskandar, di saksikan unsur Forkopimda Mentawai, pimpinan OPD, Pimpinan Perusahaa PT. ASDP, serta tokoh masyarakat di Pelabuhan Tuapeijat, Kecamatan Sipora Utara.
(Delau).