Deteksionline.com, Tual – Pesparani adalah singkatan dari Pesta Paduan Suara Gerejawi. Kegiatan ini merupakan bagian kegiatan pembinaan mental spiritual dan etika umat Katolik, sekaligus sebagai wahana perwujudan iman dalam kehidupan menggereja, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Hal ini dikatakan oleh Damianus Gerenz Ohoiwutun Aktivis Maluku – Jakarta kepada media Deteksionline, Sabtu (24/09/22).

Selain itu Pesparani yang akan dilaksanakan di kota Tual pada tanggal, 24-30 September 2022, merupakan aktivitas seni budaya dan kegiatan kerohanian umat katolik dalam bentuk pegelaran lomba musik dan nyanyian liturgi dengan tujuan mengembangkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap ibadah, dan liturgi gerejawi serta mendorong pengembangan seni budaya bernafaskan iman katolik sebagai salah satu wujud kekayaan budaya bangsa Indonesia.

Maka dari itu, lewat momentum Pesparani kali ini, yang di laksanakan di kota Tual sekaligus sebagai Tuan Rumah pelaksanaan kegiatan tersebut, adalah bentuk persaudaraan dan Toleransi yang nampak terlihat. mengingat kota tual sebagai kota yang beradat, tentunya akan memberikan kesan tersendiri bagi para peserta Pesparani ke-IV Propinsi Maluku.

Oleh dari itu, melalui kegiatan Pesparani dikota Tual kiranya dapat selalu menumbuhkan semangat persaudaraan dan hubungan baik maupun ikatan toleransi Antar Umat beragama akan terus terpupuk, terpelihara di Propinsi Maluku.

Selamat dan Sukses atas pelaksanaan Pesparani ke IV Provinsi Maluku Di Kota Tual. Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan sukses. Tuhan memberkati. Amin. (Jecko).