Deteksionline.com,Karawang – Setiap pekerjaan proyek yang dilaksanakan oleh para pemenang tender, seharusnya memasang papan pekerjaan.

Dengan adanya pemasang papan proyek tersebut, maka jelas bahwa dilokasi tersebut sedang dilakukan pekerjaan sebuah proyek dan dilengkapi identitas dari para pelaksaan tersebut.

Namun, hal tersebut, berbeda dengan pelaksanaan pekerjaan Turap yang terdapat di Dusun Pakis I Desa Pakisjaya Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang.

Meski pekerjaan yang anggaran diambil dari BBWS Citarum itu, tidak terlihat adanya pamasangan Papan Proyek.

“Pekerjaan ini BBWS, papan proyek tidak tahu, saya hanya melaksanakan pekerjaan, debgan tinggi turap 2 meter dan panjang 180 Meter,” kata salah seorang mandor asal Indramayu, Surya, ketika ditemui Deteksionline.com di lokasi, Rabu, (14/09/2022).

Sementara itu, pemerhati Muda, Anggi Oghut yang berada dilokasi pada 14 September 2022 lalu mentakan tidak melihat adanya papan proyek, yang katanya pembangunan proyek tinggi turap tersebut.

pelaksanaan pekerjaan Turap dengan Anggaran  BBWS Citarum di Dusun Pakis I Desa Pakisjaya Kecamatan Pakisjaya Kabupaten Karawang.

 

“Saya tidak melihat adanya Papan Proyek. Bahkan, setelah saya ukur tinggi turap, hanya sekitar 130 cm,”terang Anggi.

Setiap ekerjaan yang menggunakan anggaran APBN/APBD tegas Anggi, wajib memasang Papan Proyek oleh para pelaksana proyek, sesuai dengan prinsip transparansi anggaran.

Aturan tersebut timpal Anggi, tertera dalam UU No 14 tentang Keterbukaan Informasi Publik, Peraturan Presiden No 70 tahun 2012 tentang pengadaan barang / jasa Pemerintah, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum nomor 12/PRT/M/2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Drainase Perkotaan.

“Pelaksanaan turap disini tidak memasang Kisdam batu kali langsung dipendam, dan galian tanah pondasi dibuang ke saluran air sehingga saluran air menjadi dangkal,”pungkasnya.

Kepala Desa Tanjung Pakis Karyo membenarkan terkait prosedural pekerjaan proyek tinggi turap yang terdapat diwilayah kekuasaannya saat ini.

“Benar anggaran pekerjaan tinggi turap itu dari BBWS. Tetapi sampai saat ini dari pihak pemborong belum pernah menemuinya,”tandas Karyo.
(Asep Sukmana)