Deteksionline.com,Jakarta – Polda Metro Jaya menyarankan, ‘Citayam Fashion Week’ digelar hanya saat car free day (CFD).

Usulan tersebut, buntut dari kemacetan lalu lintas di lokasi Dukuh Atas, lantaran ramainya warga yang datang ke catwalk di ‘Citayem Fashion Week’.

“Ini memang dari Ditlantas Polda Metro Jaya ini menyampaikan usul saran kepada Pemda kiranya kegiatan ini diberlakukan pada CFD,”kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam keterangannya, Rabu (27/7/2022).

Citayem Fashion Week di zebra cross Dukuh Atas timpal Zulpan, telah menyebabkan arus lalu lintas terganggu. Polda Metro Jaya akan membahas lebih lanjut terkait usulan tersebut bersama Pemprov DKI terkait persoalan ini.

“Sehingga tidak ganggu arus lalin yang lain. Tentunya ini masih kita bicarakan dengan Pemda agar terjadi kesepakatan antaran kita dan pemda untuk penerapan aturan di sana,” jelasnya.

Pihaknya sebelumnya, lanjut Zulpan, mendukung kreativitas anak muda ‘Citayem Fashion Week tersebut. Namun, beber Zulpan perlu dipikirkan pula dampak dari kemacetan yang ditimbulkan dari CFW.

“Artinya untuk mendukung semua orang karena kita melihat semakin banyak orang yang ke sana tentunya hal yang bagus. Tetapi juga dampak kemacetan yang ditimbulkan menjadi perhatian kita semua,”tambahnya.

Kendati begitu, Polda Metro Jaya jelas Zulpan, sedang mencari solusi atas kemacetan yang ditimbulkan dari CFW. CFW harapam Zulpan, dapat terus berkembang sekaligus tidak mengganggu kenyamanan warga lain yang sedang melintas.

“Kita sedang mencari solusi yang terbaik. Bagaimana kegiatan tersebut tetap berkembang namun juga kepentingan masyarakat yang lain khususnya di bidang lalu lintas tidak terganggu,” ucapnya.

Mengantisipasi kemacetan yang timbul di zebra cross ‘Citayam Fashion Week’ Polda Metro Jaya akan menempatkan personel di lokasi. Polisi akan melakukan penjagaan dan pengamanan terhadap warga di lokasi.

“Polda Metro Jaya sebagai penanggungjawab keamanan bekerja sama dengan Pemda DKI dalam hal ini Satpol PP kita akan memberikan rasa aman kepada masyarakat yang datang ke sana. Kemudian juga kita harapkan dengan keberadaan petugas di sana sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Zulpan.

Zulpan juga mengimbau warga di Citayem Fashion Week agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban, termasuk ketertiban lalu lintas.

“Tetapi kita harapkan mari kita jaga bersama agar menjadi suatu kawasan yang tentunya bisa juga menjadi sesuatu yang dibanggakan dari Kota Jakarta,”tutipnya.