Deteksionline.com, Jakarta – Aksi balap liar yang sempat viral beberapa waktu lalu akhirnya polisi mengamankan tiga mobil pelakunya.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rusdy mengatakan berdasarkan hasil tim penyelidikan Subdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, lewat rekaman CCTV dan ETLE. Ditambah dari keterangan saksi, petugas melakukan penegakan hukum terhadap tiga mobil Ertiga Sport.

“Kami mengamankan tiga kendaraan dan berikut pengemudinya,” kata Rusdy disela acara perpisahan dengan Brigjen Pol Sambodo.

Lanjut Rusdy, berawal dari peristiwa yang terjadi pada Jumat (24/6) sekitar pukul 00.50. Balap liar mobil itu sempat viral dan menutup ruas jalan di Jalan Asia Afrika – Senayan hingga mengganggu kenderaan yang melintas.

“Dari hasil keterangan tim kami, di Tempat Kejadian Perkara (TKP) melihat kendaraan yang sama. Ketiga orang (pengendara: red) ini saling memanas-manasi, dan diantara pengendara tersebut tidak saling mengenal,” kata Rusdy saat ditemani AKBP Jamal, di depan gedung Ditlantas, Polda Metro Jaya.

Mereka kebut-kebutan ini, kata Rusdy, hanya spontanitas dan tidak mengandung unsur taruhan.

“Kebetulan lewat saja,” ujarnya.

Kendati demikian, barang bukti ditahan terlebih dahulu untuk menunggu putusan dari pengadilan.

“Dan, pengendara membuat surat pernyataan dan dipulangkan,” pungkasnya.

Wadir Ditlantas PMJ, AKBP Rusdy dan Kasubdit Gakkum Ditlantas PMJ  AKBP Jamal Alam saat memperlihatkan barang bukti balap liar yang diamankan petugas kepada awak media di Kantor Ditlantas Polda Metro Jaya, Sabtu (02/07/2022)

Adapun pelaku balap liar tersebut, kata Jamal selaku Kasubdit Gakkum, adalah AB (25 thn), RJ (22 thn) dan AR (22 thn).

Jamal juga menghimbau agar pengendara tetap menjalankan peraturan lalu lintas.

“Kami akan bertindak tegas bagi pengendara seperti ini, apalagi viral, sampai manapun kami akan kejar dan tangkap,” pungkasnya.

Adapun sanksi yang dikenakan adalah pasal 297 juncto 115, Nomor 22 tahun 2009 tentang Undang Undang Lalu Lintas Angkutan Jalan (UU LLAJ).