Deteksionline.com,Jakarta – Terobos jalur Busway sambil menggunakan Rotator, pengendara mobil Fortuner berplat B 1497 RFY diamankan polisi.

Peristiwa itu terjadi di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu 11 Juni 2022, lalu, yang belakangan viral di media sosial (Sosmed).

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Sambodo Purnomo Yogo membenarkan atas penagkapan terhadap pengemudi beserta mobil Fortuner tersebut.

“Benar karena melanggar uud lalu lintas maka pengemudi dan mobil kita amankan,” kata kombes Sambodo, saat menggelar press release di Gedung Gakkum Polda Metro Jaya, Rabu, (15/06/2022).

Pengemudi tersebut lanjut Sambodo, bekerja di salah satu intsansi pemerintah yang terdapat di Ibu Kota. Namun, Sambodo tak menampik Instasi mana pengenudi tersebut bekerja.

Selain diberikan tilang, kepada yang bersangkutan tidak lagi menggunakan plat nomor dan STNK khusus dan harus menggunakan plat nomor dan STNK asli. Hal ini sesuai dengan petunjuk dari Bapak Kapolda Metro Jaya.

“Ini menjadi pembelajaran bagi kita semua khususnya kepada masyarakat yang memiliki plat nomor khusus dan rahasia ini, agar mematuhi aturan lalu lintas,” tegas Sambodo.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Sambodo Purnomo Yogo, saat menujukan barang bukti mobil fortuner berplat B 1497 RFY di Gedung Gakkum Polda Metro Jaya, Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu, (14/06/2022).

Polda Metro Jaya kata Sambodo, tidak pandang bulu melakukan penindakan terhadap setiap pengemudi yang melanggar aturan lalu lintas.

“Jika melakukan pelanggaran maka kita tak segan-segan melakukan penindakan baik itu yang menggunakan plat dan STNK khusus dan rahasia tersebut,” timpalnya.

Kepada polisi, pengendara mengaku, membawavorang sakit, sehingga dirinya menerobos jalur Busway dan menggunakan Rotator itu.

“Kita masih dalami alasan dari pengendara yang membawa orang sakit saat menerobos jalur Busway  tersebut,” pungkasnya.

Kepada petugas yang melaksanakan tugas saat kejadian itu, lanjut Sambodo, telah diberikan sangsi secara tertulis.

“Sebab, mereka ragu-ragu menindak terhadap pelanggar lalu lintas yang menggunakan plat khusus dan rahasia tersebut,”tutupnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menangkap pengemudi mobil berpelat B 1497 RFY yang menerobos jalur busway dan gunakan rotator di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan. Selain itu, petugas juga mengamankan Toyota Fortuner yang digunakan oleh pengemudi tersebut.

“Terkait kendaraan RFY yang viral kemarin kami sudah mengamankan pengemudi dan kendaraan di kantor,” ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Jamal Alam, Rabu (15/6/2022).