Deteksionline.com,Jakarta – Polda Metro Jaya, lakukan rekayasa lalu lintas hingga menutup beberapa titik ruas jalan di Ibu Kota.

Alasan sejumlah titik ruas jalan ibu kota itu ditutup, menjelang dan saat aksi massa dari Aliansi Mahasiswa dan masyakat yang hendak turun kejalan dalam menyampaikan aspirasinya, pada Kamis 21 April 2022.

“Tiga titik ruas jalan itu mulai dari Patung Kuda, DPR/MPR, dan satu titik lagi di Harmoni,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Pol, Sambodo Purnomo Yogo, kepada awak media Rabu, (20/04/2022).

Bahkan penutupan maupun rekayasa lalu lintas dibeberapa titik ruas jalan di Ibu Kota DKI Jakarta ini lanjut Sambodo, sejak pukul:09.00 WIB.

Selain tiga titik ruas jalan ini, jalur jalan yang terdapat di depan gedung Sata Pesona, seputaran Istana, Harmoni, dan Gambir, yang menuju ke Istana, termasuk veteran 1, 2, dan 3, juga akan ditutup pihaknya.

“Ini untuk mencegah tindakan anarkistis seperti aksi massa yang terjadi di depan gedung DPR/MPR kemarin,” terangnya.

Meski ditutup sejak pagi, dijalur lalu lintas yang terdapat di depan Gedung DPR/MPR hanya satu lajur yang disisahkan, yaitu jalur busway. Bahkan, disitu beber Sambodo, akan dipasang dengan water barrier.

“Diharapkan, sejak pagi masyarakat bisa menghindari kawasan DPR/MPR dan kawasan Istana Negara itu,”timpalnya.

Mudah-mudahan massa yang melakukan unjuk rasa di Harmoni pintah Sambodo, untuk tidak menutup persimpangan, kala menggelar aksi unjuk rasa tersebut.

Jika massa aksi menutup dipersimpangan Harmoni, maka yang dari Jalan Surya Pranoto, kami akan belokan ke kiri ke arah Glodok.

Sementara yang dari arah Glodok, semuanya kami belokan ke kiri arah jalan Veteran. Sedangkan yang dari Veteran kami arahkan lurus ke Tomang.

“Intinya adalah silahkan masyarakat mengatur perjalanan sehingga besok pagi dapat menghindari ke tiga kawasan tersebut dan mencari jalur alternatif lain,” tutupnya. (Gomes).