JAKARTA,Deteksionline.com – Gencar operasi kemanusiaan untuk warga Papua, Satgas Operasi Damai Cartenz berikan bantuan puluhan ekor bibit Babi, ke peternak babi di Yahukimo.

Sebanyak 30 ekor bibit Babi tersebut, dikirim menggunakan Pesawat Cargo berjenis Twin Otter 300 milik maskapai Rimbun Air ke masyarakat Yahukimo.

“Bibit babi dibeli dari salah satu pengusaha peternak babi binaan Balai Latihan Kerja Dinas Propinsi Jayapura sudah terjamin kesehatannya,”kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo dalam keterangan tertulisnya Rabu, (02/03/2022).

Bahkan, bantuan 30 ekor bibit Babi itu lanjut Dedi, diserahkan secara bertahap kepada peternak babi yang benar-benar memiliki kemampuan dalam mengembangkan peternakan Babi di Kabupaten Yahukimo.

Dengan harapan, masyarakat peternak babi memiliki kemampuan dalam mengembangkan peternakan pembibitan Babi secara mandiri. Sehingga kedepan Satgas Ops Damai Cartenz dalam memberikan bantuan bukan lagi memberikan bantuan bibit Babi. Karena, peternak Babi yang ada di Yahukimo sudah dapat memproduksi bibit Babi secara mandiri.

“Kedepannya, apabila Satgas Ops Damai Cartenz ingin memberikan bantuan kepada masyarakat Yahukimo, bukan bantuan bibit babi lagi, tetapi bantuan lain yang ada kaitannya dengan pengembangan ternak Babi, seperti bantuan membangun kandang Babi, membangun Balai Latihan Keterampilan beternak Babi, membangun sumur bor air dan bantuan yang lain yang dapat mendukung pengembangan peternakan Babi di wilayah Yahukimo,”tutupnya. (Ulis/Gomes).