Bongkar Sindikat Home Industri Tembakau Sitesis, Polda Metro Amankan Enam Tersangka

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com – Penyidik Subdit I Psikotropika Ditresnarkoba Polda Metro Jaya berhasil mengungkap jaringan home industry tembakau sintetis (sinte) Jakarta dan Bandung. Polisi mengamankan enam tersangka, yakni P, AEP, GBS, ES, GR dan FR.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, hasil penyelidikan polisi membongkar home industry tembakau sintetis (sinte) di dua daerah Jakarta dan Bandung. “Ada dua home industry jenis tembakau sintetis atau tembakau gorilla,” kata Kombes Yusri, Jumat (17/9/2021).

Pengungkapan kasus ini berawal, usai polisi mengamankankan tersangka pertama, berinisial P. Tersangka P ditangkap, saat ingin mengirimkan 400 gram tembakau kepada pemesan.

Pengembang, lalu polisi berhasil menemukan 4 kilogram tembakau di apartemennya yang terletak di daerah Kemayoran, Jakarta Pusat.

“Dikembangkan lagi berhasil mengamankan AEP dengan barang bukti 4,125 gram. Jadi AEP dan P ini kurir,”terang Yusri.

Dari situ, polisi kembali mengamakan 4 tersangka lainnya, yang masing – masing berinisial, ES, GR, dan RF serta GBS. Keempat tersangka itu, merupakan satu layer di atas para kurir.

“Ini masih kita kejar lagi, masih didalami lagi, karena salah satu tersangka yang mengendalikan itu adalah napi Lapas di daerah Jawa Barat. Sementara yang kita bongkar ini home industry di Apartemen Galery dan satu lagi pabriknya di Ciampeas, Bandung,” tutur Yusri.

Selain tersangka, petugas kata Yusri turut mengamankan sejumlah barang bukti dari tangan tersangka, diantaranya, 4 kilogram tembakau sintetis dan 31 liter untuk bahan campuran tembakau tersebut. Barang haram itu dijual pelaku, melalui media media sosial.

Selain itu, Ditresnarkoba Polda Metro Jaya juga berhasil mengungkap jaringan peredaran ekstasi Jakarta-Sulawesi Selatan. Ribuan butir ekstasi yang hendak dikirim ke Sulawesi Selatan berhasil digagalkan. (Gomes).

 124 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *