Ditlantas Polda Metro Atasi Kecelakaan Beruntun Tol Depan Gedung Balai Kartini

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com –  Ditlantas Polda Metro Jaya telah menangani kerjadian kecelakaan beruntun yang melibatkan 5 kendaraan di ruas Tol Dalam Kota arah Cawang tepatnya di Km 05+800 tepatnya di depan Gedung Balai Kartini, pada hari Minggu 12 September 2021 pukul 03.10 WIB, yang menyebabkan 1 supir meninggal dunia berinisial TAP dievakuasi ke RSCM.

“Kendaraan yang terlibat kecelakaan yaitu 1 unit Kendaraan Dump Truk bermuatan batu dengan nomor polisi (nopol) B 9486 dan 4 kendaraan kecil lainnya terdiri dari Toyota Agya nopol BE 1450 GM, Toyota BRV nopol B 2779 BKD,  Toyota BRV nopol D 1362 VDD dan Toyota Rush nopol B 2952 TRA,” terang Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jakarta AKBP Argo Wiyono di Jakarta, Minggu (12/9/2021).

Berdasarkan penulusuran di lapangan dan keterangan pengemudi truk berinisial AH, kecelakaan diawali dengan kendaaran dump truk yang mengalami pecah ban. Kemudian oleng dan menumpahkan muatannya, sementara 4 kendaraan di belakangnya tidak sempat mengantisipasi sehingga terjadi kecelakaan beruntun.

Petugas Kepolisian dan Mobile Costumer Service Jasa Marga segera melakukan penanganan kendaraan yang mengalami kecelakaan dan melakukan proses evakuasi dengan menggunakan satu unit rescue truck kapasitas 65 ton, dua unit derek serta kendaraan ambulance untuk penanganan korban.

“Data sementara terdapat satu orang korban dalam kecelakaan tersebut dan segera dibawa ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo Jakarta,” tuturnya.

Selain itu, untuk mengurangi kepadatan lalulintas di sekitar lokasi kejadian, atas diskresi Kepolisian, Jasa Marga sempat melakukan pengalihan lalu lintas dengan penutupan GT Slipi 2, GT Penjompongan, GT Semanggi 1 dan GT Semanggi 2 pada pukul 04.04 WIB.

Namun mulai pukul 07.18 WIB seluruh gerbang tol tersebut sudah dibuka kembali dan dapat dilalui pengguna jalan yang menuju arah Cawang.

“Proses evakuasi dan pembersihan lajur masih berlangsung, pembukaan lajur dilakukan secara bertahap sejak pukul 07.18 WIB guna memastikan keamanan dan keselamatan pengguna jalan. Pukul 09.17 WIB lajur 1, 2 & 3 telah dibuka kembali dan dapat dilalui kendaraan. Bahu jalan masih dilakukan pembersihan dampak kecelakaan,” paparnya.

Petugas menyampaikan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas kecelakaan tersebut. Diimbau kepada pengguna jalan agar berhati-hati, selalu memastikan kondisi kendaraan layak jalan, dan memastikan pengemudi harus dalam keadaan prima. (Ulis JP).

 120 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *