Bupati Bangka Mulkan Buka Pelatihan Dokter Kecil

  • Share

Sungailiat, deteksionline.com –Bupati Bangka Mulkan SH MH membuka kegiatan pelatihan dokter kecil yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka bertempat di Hotel ST 12 Parit Padang, Sungailiat Kabupaten Bangka, Kamis (22/7).

Pada kesempatan itu Mulkan menyampaikan, kegiatan ini adalah
salah satu langkah bagaimana kita menyatukan satu persepsi dan komitmen, bahwa kesehatan, pendidikan, ekonomi itu sangat penting bagi kita.

“Tolak ukur daripada suatu keberhasilan, capaian yaitu indeks pembangunan manusia itu ada Tiga unsur antara lain disamping pendidikan, pertumbuhan ekonomi dan kesehatan,” imbuh Mulkan kepada awak media.

Selanjutnya Mulkan menegaskan, “kalau saja ketiga unsur ini tidak saling mendukung, maka jangan harap indek pembangunan manusianya akan baik,” tegasnya.

Kemudian menurut mantan Anggota DPRD Kabupaten Bangka ini, langkah-langkah pemerintah, agar anak-anak kita tidak adanya suatu kegagalan terutama di dalam hal kecerdasan serta pertumbuhan itu yang harus kita lakukan secara bersama-sama.

“Hari ini kami turun langsung untuk bertemu langsung dengan para guru murid untuk menyatukan persepsi dan komitmen tersebut, terutama untuk meningkatkan pelayanan kesehatan baik dari tingkat sekolah sampai ke tingkat pelayanan umum,” ungkapnya.

Mulkan juga mengatakan sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang No. 23 Tahun 1992 Pasal 45 yaitu tentang kesehatan. Bahwa Usaha Kesehatan Sekolah wajib diselenggarakan di sekolah sebagai institusi pendidikan, mempunyai peran dan kedudukan strategis dalam mempromosi kesehatan.

“Jadi wajib menurut amanat Undang-Undang karena UKS di sekolah wajib sebagai implementasi dari Undang-Undang No. 23 Tahun 1992 Pasal 45 agar sekolah-sekolah mempromosi terhadap kesehatan yang ada di sekolah terutama harus menjaga lingkungan yang bersih,” paparnya.

Ia juga menyampaikan, dalam kondisi sekarang virus Corona yang tidak bisa dilihat dengan mata dan siapa yang membawa, sehingga Dokter juga sulit untuk mendeteksi asal usul terpaparnya dari masyarakat kita atau pasien kita, jadi sulit.

Mulkan menghimbau agar semua murid harus menggunakan masker. Harus menyediakan cuci tangan, mengatur terhadap kehadiran murid, hanya 25-30%, jaga kesehatan masyarakat kita di Kabupaten Bangka ini.

”Anak-anak ini aset dan harta yang sangat penting dan berharga dalam rangka memajukan perkembangan bangsa kita,” ujarnya.

Karena kata Mulkan dalam Undang-Undang No. 4 Tahun 2019 agar usia Pendidikan Dasar merupakan salah satu indikator standar pelayanan minimun, jadi anak-anak kita ini merupakan layanan dasar yang ada terutama di sekolah-sekolah itu.

Didalam tatanan kesehatan, guru UKS langsung berhubungan dengan proses kesehatan yang dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan yang ada di masyarakat dan sekolah.

“Kami sangat fokus sekali dan prioritas yang penuh kepada sekolah untuk sarana prasarana yang sangat respresentatif,” pungkas Bupati dari PDI ini…(hry)

 46 total views,  24 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *