Bahas SIPANDU, DPRD Bangka Adakan RDP Dengan Stakeholder

  • Share

Bangka, Deteksionline.com-Rapat Dengar Pendapat  (RDP) Komisi I DPRD Kabupaten Bangka.  Bersama Stakeholder terkait belum optimalnya sistem kerja pelayanan Kesehatan di Mall Sistem Pelayanan Terpadu (Sipandu).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Pirdaus Johan, Anggota Maryanto dan Deni Hasbi dari Dinas Dukcapil di pimpin langsung oleh Kepala Dinas, Muhtar dan BPJS kesehatan Bangka dari pimpinan Cabang M. Ali Rasyid.
Sementara dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial hanya diwakilkan melalui Kepala Bidang (Kabid) dan rapat berlangsung cukup alot yang diselenggarakan diruang Badan Musyawarah (Banmus), Senin (21/6/2021).

Terkait hal tersebut Maryanto,  sebagai Anggota Menyampaikan bahwa tujuan dari Berdirinya Mal Sipandu oleh Pemkab Bangka adalah sebagai pelayanan masyarakat dibidang Kesehatan yang melayani keluarga masyarakat prasejahtera yang ada di Kabupaten Bangka.

“Pada awalnya kita melakukan RPD bersama dinas sosial dan dinas kesehatan dalam rencana membantu masyarakat yang ada di Kabupaten Bangka dalam pelayanan terpadu khusus pelayanan BPJS kesehatan kalas 3 dan SKTM bagi mereka yang ingin memperoleh pelayanan kesehatan, dan dari hasil RDP tersebut berdirinya Mal sipandu yang dilaunching pada 7 April 2021 yang lalu,” terang Anggota RDP Banmus.

Ia menjelaskan, RDP pada hari ini menindak lanjuti laporan belum adanya sinkronisasi data yang dilakukan dalam pelayanan kesehatan antara data yang ada di sistem Mall Sipandu dengan data BPJS kesehatan yang mempersulit akses masyarakat dalam pelayanan kesehatan dan tentunya ini membuat kesulitan bagi warga yang datang dari pedesaan yang akan mengurus administrasi kesehatan.

“Para peserta penerima bantuan iuran (BPI) diperuntukkan bagi peserta BPJS kesehatan kelas 3 dan masyarakat prasejahtera dan ditanggung oleh APBD Provinsi maupun Kabupaten dan mereka selama ini kesulitan dalam validasi data yang tidak sinkron antara data yang ada di mall sipandu dan data yang ada di BPJS kesehatan sendiri,’ Kata Maryanto politisi asal Partai PKS.

Sementara itu Kepala Cabang BPJS Kesehatan Bangka, Ali Rasyid Menambahkan bahwa pihaknya diundang oleh Anggota komisi I DPRD Bangka terkait belum optimalnya pelayanan kesehatan yang ada di Mall Sipandu dan verifikasi data yang tidak sinkron antara peserta BPJS yang dananya ditanggung yakni PBI yang mana data mereka ini belum tervalidasi dengan data yang ada di kepesertaan BPJS kesehatan.

Dengan adanya rapat dengar pendapat ini diharapkan akan ada sebuah solusi yang dihasilkan dalam validitas data yang ada di mall sipandu dengan data yang ada di BPJS kesehatan , jadi dengan ada sinkronisasi data tersebut, memudahkan masyarakat dalam menggunakan kartu BPJS kesehatan khususnya yang ditanggung pemerintah dalam hal ini peserta PBI,” Pungkasnya.(**)

 

 134 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *