Perlu Strategi Cegah Karhutlah

  • Share

JAKARTA Deteksionlinr.com:Perlu diwaspadai terjadinya kebakaran hutan dan lahan atau karhutla meskipun fenomena iklim regional La Nina berakhir pada Mei 2021. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah melakukan strategi dan langkah antisipasi untuk digunakan mencegah secara permanen terjadinya kebakaran hutan dan lahan, mengingat dalam kondisi musim kemarau normal pun, karhutla tetap dapat terjadi.

“Meminta pemerintah meningkatkan pengawasan melalui jagawana dan polisi hutan agar karhutla tidak dipicu dari kesengajaan masyarakat yang membakar hutan demi membuka lahan, melainkan juga dilakukan oleh perusahaan perkebunan, dengan mengoptimalkan fungsi keamanan dari Polisi Hutan agar kondisi hutan tetap dapat terjaga,” kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (20/5/2021).

Ketua MPR meminta pemerintah melakukan pengendalian operasional, seperti membentuk satuan tugas terpadu, melakukan deteksi dini, menyiapkan Pos Komando Taktis/Poskotis lapangan, melakukan kesiapan pemadaman melalui darat maupun udara, penegakan hukum, dan keterpaduan Masyarakat Peduli Api atau MPA.

“Meminta pemerintah selalu memonitoring kondisi dan perubahan cuaca yang disampaikan oleh BMKG, analisis wilayah, dan melakukan modifikasi cuaca bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), serta melakukan pengendalian pengelolaan lanskap,” pungkasnya.(dra)

 96 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *