Pekan Imunisasi Nasional RSUD dr Iskak dimasa Pandemi,Pererat Dengan Vaksinasi Imunisasi

  • Share

Tulungagung, deteksionline.com-Momentum kegiatan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional selalu jatuh setiap akhir April,namun dampak wabah virus  corona Covid 19,hampir semua aktIfitas jadi terhenti dan mempengaruhi sistem kehidupan manusia.

Namun begitu mengingat perkembangan Covid 19,sudah mulai menurun kegiatan imunisasi kembali dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sehubungan dengan  hal itu RSUD Dr Iskak melalui dr. Emy Yulianti  Sp.A , disaat acara siaran pidatonya Senin 3 Mei 2021 ,mengatakan imunisasi wajib diberikan pada anak anak untuk melindungi dari sejumlah penyakit menular selain covid 19.

Meski demikian menurut dr Emy balita pada usia sekitar 1 bulan wajib juga diberikan vaksin BCG (Bacillius Calmette-Guerin) untuk mencegah ,TBC atau tuberkulosis

Selanjutnya pada balita usia  18 pertama wajib juga diberikan imunisasi seperti imunisasi polio dan hepatitis B. pentingnya imunisasi sebagai pencegahan penyakit sebelum terpapar,untuk itu dirinya berharap pada masyarakat untuk tetap melakukan imunisasi pada anak anaknya secara rutin.” tuturnya

” berharap Pemerintah daerah juga perlu mengupayakan peningkatan cakupan imunisasi sebagai bagian dari tanggungjawab melindungi anak-anak di wilayahnya.’ Imbuhnya.

Disisi lain RSUD dr iskak juga telah melakukan upaya untuk menjamin akses pelayanan imunisasi di daerah yang sulit dijangkau dengan bekerja sama dengan lingkungan sektor lainnya,

Anak yang terkena penyakit , dapat menyebarkan penyakit ini ke banyak anak lain. Perlu diketahui, penyakit-penyakit yang disebutkan di atas dapat menyebar dengan cepat, untuk itu Dengan dilakukan imunisasi, kita melindungi anak anak kita,ujarnya

Kurangnya pengetahuan masyarakat serta kecilnya pdukungan financial menurutnya menjadi penyebab kesenjangan cakupan imunisasi. Kondisi geografis Indonesia juga merupakan tantangan bagi program imunisasi, selain kurangnya pengetahuan masyarakat dan kurangnya informasi tentang imunisasi,  nyawa mereka. program imunisasi rutin, mendukung upaya pengembangan vaksin yang lebih baik.

Dalam Hal tersebut dr Emy juga meghimbau Kepada orang tua,khususnya anak anak agar tetap mematuhi protokol keSehatan di masa pandemi ini,seperti halnya dengan tetap jaga jarak, tidak menyentuh apapun, sering cuci tangan dan pakai masker,..(efan)

 72 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *