Inspeksi Ke Lokasi, Gubernur DKI: Petugas Posko Profesional Jalankan Tugasnya

  • Share

JAKARTA,Deteksionline.com –  Tekan lajunya penyebaran Covid-19 di Ibu Kota, Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya, turun langsung melakukan inspeksi ke pos terpadu pemeriksaan Rapid Test Antigen yang berlokasi di Jalan Tol Km 34, Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis 19 Mei 2021.

Dari pantauan tadi, kegiatannya telah berjalan dengan baik. Bahkan dalam menjalankan tugasnya semuanya telah dilaksanakan secara profesional.

“Saya ingin sampaikan apresiasi kepada petugas dan jajaran Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya serta jajaran dinas kesehatan dan Perhubungan yang bersama-sama kompak bekerja untuk mengamankan ibukota kita,” kata Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, saat menggelar konferensi pers di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/5/2021).

Sebagai langkah deteksi (skrining) awal tes antigen terhadap penumpang itu petugas lanjut Anies, mengambil sample secara acak (Random).Dimana mobil yang ditempati oleh para pemudik tersebut dipilih secara acak (random), dalam pelaksanaan rapid test itu.

“Tujuannya adalah sebagai skrining pertama bagi warga yang kembali ke Jakarta,” jelasnya.

Sementara itu, sesuai data yang diterimanya, kata Anies sebanyak 5955 unit kendaraan telah diperiksa oleh petugas, dan 22.910 orang pemudik serta warga, yang telah dilakukan tes Swab Antigen ini. Namun, dari angka 22.910 ini, beber Anies, ditemukan 148 orang yang positif atau reaktif.

“Sehingga kepada mereka itu telah dirujuk ke Wisma Atlet. Ada 57 dan 17 orang lainnya dirujuk ke rumah sakit lain. Sementara 74 orang dianjurkan isolasi mandiri,” terangnya.

Walaupun angka prosentasenya kecil di angka 148 dari 22.910 itu, tapi jika mereka tidak terdeteksi maka akan menjadi carrier yang bisa menularkan kepada masyarakat yang lain.

“Kami ingin Ibu Kota stabil dan kondisi pandemi yang masih sedang terjadi di Jakarta ini, masuk di fase yang paling rendah selama 1 tahun terakhir ini,” tambahnya.

Selain itu, Gubernur DKI, Kapolda Metro Jaya, dan Pangdam Jaya memasang stiker bebas Covid-19 kepada setiap mobil pribadi yang penumpangnya sudah melakukan pemeriksaan dan dinyatakan negatif usai dilakukan tes usap.

“Stiker yang di pasang ke mobil penumpang itu, pertanda bahwa kendaraan telah di periksa dan penumpangpun telah dilakukan tes swab antigen,” tandasnya.

Selanjutnya, Kapolda Irjen Dr Fadil Imran bersama Pangdam Jaya dan Gubernur DKI Jakarta juga meninjau Kampung Tangguh Jaya dalam rangka pelaksanaan Swab Antigen Gratis bagi masyarakat yang selesai mudik di Kampung Tangguh Jaya RW 05 Sunter Jakarta Utara yang diprakarsai Kapolda Metro Jaya. (Gomes/Ulis).

 150 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *