Diduga Tak Dilengkapi Perizinan, Penggorengan Pasir Timah Milik Gun Bebas Beraktifitas

  • Share

Belinyu, Deteksionline.com-Fasilitas penggorengan Pasir Timah diduga milik Gun yang terletak di Desa Gunung Muda Kecamatan Belinyu Kabupaten Bangka terpantau ramai beraktifitas.

Padahal, penggorengan Pasir Timah milik Gun itu diduga tidak dilengkapi perizinan dari Dinas ESDM Provinsi Bangka Belitung.

Sewaktu Deteksionline.com menyambangi tempat penggorengan Pasir Timah yang diduga milik Gun tersebut pada Minggu (2/5), beberapa pegawai di tempat penggorengan Pasir Timah itu saat ditanya terkait kelengkapan izin yang dimilikinya, tidak mau menjelaskannya, bahkan mereka terlihat merasa tidak senang saat ditanya prihal izin yang dimiliki.

“TIdak tau Pak, kami hanya bekerja, kami tidak tau ini Pasir Timah dari mana, berasal dari hutan mana, yang jelas tugas kami hanya menggoreng Pasir Timah yang masuk kesini,” ucap salah Satu pegawai yang tidak bersedia menyebut namanya di tempat penggorengan Pasir Timah milik Gun di Desa Gunung Muda, Belinyu, Minggu (2/5).

Ia melanjutkan, “jika Bapak wartawan mau jelas silahkan bertanya kepada pemiliknya yang rumah besar tadi Bapak lewat itu ( sambil menunjukkan ke arah rumah besar yang tidak jauh dari lokasi penggorengan Pasir Timah tersebut, namanya Pak Gun,” kata pegawai itu tadi.

Selanjutnya, saat ditanya masalah asal usul Pasir Timah yang dikelolanya saat ini, pegawai itu mengatakan bahwa semuanya berasal dari tambang inkonvensional (TI) di wilayah Kecamatan Belinyu.

Namun pegawai itu tidak mau menjelaskan lokasi dimana tambang tersebut.

“Kalau barang pasir timah yang kita goreng sekarang ini, yaitu hasil tambang inkonvensional yang berasal dari Kecamatan Belinyu,” terangnya.

Sementara Gun yang diduga sebagai pemilik tempat penggorengan Pasir Timah tersebut kelihatannya tidak bersedia memberikan keterangan terkait izin yang dikantonginya, baik itu izin dari PT Timah, izin dari ESDM Provinsi Bangka Belitung dan izin lingkungan dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bangka Belitung mengingat aktifitas tersebut berada di pekarangan perumahan penduduk.

Padahal Deteksionline.com sudah berusaha berulang kali mengirimkan pesan Whats App dan menelponnya untuk meminta keterangan.

Sementara itu Kapolsek Belinyu Kompol Noval Desky sampai berita ini ditayangkan belum berhasil dikonfirmasi, namun Deteksionline.com sudah mengirimkan pesan kepada Kompol Noval Desky terkait hal tersebut…(tim)

 

 151 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *