WN India Eksodus Masuk Indonesia, Bamsoet Minta Pemerintah Sikapi dengan Cepat dan Tepat

  • Share

JAKARTA, Deteksionline.com:Serangan gelombang kedua penyebaran virus corona/Covid-19 di India yang semakin ganas dan banyak menimbulkan korban meninggal dunia, sehingga menyebabkan adanya WN India yang eksodus atau ramai-ramai masuk ke wilayah Indonesia.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo meminta pemerintah menyikapi hal tersebut secara cepat dan tepat, dan tetap memberlakukan larangan bagi warga negara asing/WNA masuk ke Indonesia dengan memperketat prosedur dan pemeriksaan di bandara atau di pelabuhan, kecuali bagi WNA yang melakukan perjalanan diplomatik.

“Meminta ketegasan pemerintah terutama pihak imigrasi dalam melarang WNA masuk ke Indonesia, kecuali bagi WNA yang memiliki Kitas (kartu izin tinggal terbatas), namun tetap dengan pemeriksaan dan prosedur kesehatan yang ketat, sehingga dengan ketegasan pelarangan tersebut, seharusnya tidak ada WN India tanpa keterangan yang jelas dapat memasuki wilayah Indonesia,” kata Bamsoet di Jakarta, Jumat (23/4/2021).

Ketua MPR juga meminta pemerintah, dalam hal ini Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia/KemenkumHAM bersama Kementerian Kesehatan/Kemenkes, meningkatkan pengawasan dan mendeportasi terhadap WN India yang berhasil masuk ke Indonesia tanpa keterangan yang jelas atau yang tidak memiliki Kitas, serta terus memantau perkembangan dan memastikan WN India yang tiba di Indonesia dan memiliki Kitas harus bebas dari virus corona, mengingat berdasarkan Surat Edaran/SE Nomor 8 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional pada Masa Pandemi Covid-19, WN India yang memasuki kawasan Indonesia tidak dapat dilarang sebab memenuhi kriteria WNA yang diperbolehkan karena memiliki Kitas.

Bamsoet juga mengkritisi dan mempertanyakan kebijakan pemerintah yang melarang mudik, namun mengapa WNA tetap masih bisa difasilitasi untuk masuk ke wilayah Indonesia, sehingga hal tersebut berpotensi menimbulkan rasa ketidakadilan bagi warga Indonesia. (Ke/dra)

 127 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *