Pemerintah dan Aparat Hukum Harus Tegas, Selesaikan Persoalan Trwal

  • Share

Bengkulu, deteksionline- Kembali maraknya aktivitas nelayan kapal trawl saat ini beroprasi di perairan laut wilayah Desa Serangai dan sekitarnya. Salah seorang Ketua Kelompok Nelayan Tradisional Desa Serangai, Kecamatan Batik Nau, Kabupaten Bengkulu Utara, Heriyanto angakat bicara.

“Kami berharap ada tidakan tegas dari pemerintah daerah dan aparat penegak hukum.Jangan sampai nantinya akan menimbulkan gesekan dan kembali terjadi bentrok di tengah laut. Karena nelayan kapal trawl beraktivitas di kedalaman 20 meter,” terang Heriyanto.

Menurutnya, dengan adanya tindakan tegas tersebut berguna untuk mewujudkan keadilan serta keamanan laut Bengkulu serta menjaga ekosistem dan biota laut. “Agar biota laut tetap sehat dan terjaga ekosistemnya, kita mendorong agar pihak nelayan kapal trawl hendaknya penggunaan alat tangkap ikan (API) yang ramah lingkungan, sesuai dengan Permen 59 2020,” ungkap Heriyanto.

Heriyanto berharap, peran pemerintah daerah sangat diperlukan untuk menyelesaikan persoalan ini. Serta mendukung penuh kepada pemerintah untuk dapat menyelesaikan permasalahan alat tangkap nelayan jenis trawl ini. Untuk dapat dihentikan atau diganti dengan alat tangkap yang ramah lingkungan.

“Demi kelestarian dan ketersediaan sumber daya ikan di Provinsi Bengkulu serta meningkatkan perekonomian nelayan khususnya Desa Serangai dan Bengkulu pada umumnya,” tegas Heriyanto mengakhiri.(yudi/awan)

 94 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *