SMSI Kaur Dilantik, Wibowo: Jangan Ragu Bermitra dengan Media SMSI

  • Share

Kaur, deteksionline.com- Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Bengkulu, Wibowo Susilo resmi melantik ketua dan pengurus serta anggota SMSI Kabupaten Kaur periode 2021-2024, Jumat (9/4/2021) di gedung Sentra Kuliner Bintuhan Kecamatan Kaur Selatan.

Pelantikan SMSI Kaur dihadiri Forum Komunikasi Pimpina Daerah (Forkopimda), Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta undangan lainnya.

Ketua SMSI Provinsi Bengkulu, Wibowo Susilo memaparkan, SMSI adalah konstituen Dewan Pers yang berkedudukan sama dengan organisasi lainnya dibawah naungan bendera Dewan Pers. Khusus di Provinsi Bengkulu, terdapat 90 media siber sebagai anggotanya. SMSI akan mendorong anggotanya agar media terverifikasi di Dewan Pers. Saat ini ada tiga kategori media siber, yakni terverifikasi faktual, terverifikasi administrasi dan media siber berbadan hukum.

“SMSI akan terus mendorong dan membantu anggotanya agar media terverifikasi Dewan Pers. Selain itu, SMSI memprogramkan pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi jurnalis media siber,” ungkap Wibowo Susilo.

Dikatakan Wibowo yang akrab disapa Bowo ini, SMSI merupakan mitra bersama jajaran Kepolisian, Kejaksaan serta TNI. Saat ini sinergitas dalam menyajikan informasi publik sudah berjalan dengan baik. Oleh karenanya, kepada jajaran mitra kerja di daerah dapat terjalin komunikasi dan kerjasama dalam berbagai hal. Untuk itu kepada mitra kerja SMSI jangan pernah ragu merangkul dan menjalin hubungan baik dengan media siber yang tergabung dalam SMSI.

“Saya titipkan SMSI Kabupaten Kaur kepada Forkopimda sebagai mitra kerja. Semoga menjadi jalinan yang baik sehingga menghasilkan berita yang edukatif, berimbang dan akurat,” tutur Bowo.

Ketua SMSI Kaur yang baru dilantik, Yusman menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Forkopimda yang masuk dalam dewan pembina SMSI Kaur periode 2021-2024. Selain itu, ucapan terima kasih kepada seluruh OPD dan undangan lainnya yang menyempatkan diri hadir dalam kegiatan pelantikan pengurus SMSI Kaur. Ke depan, akan segera melakukan pendataan semua media siber yang tergabung dalam SMSI. Baik ditingkat nasional, provinsi maupun daerah.

“SMSI merupakan konstituen Dewan Pers beranggotakan pemilik media maupun kepala biro atau perwakilan media yang ada di Kabupaten Kaur. Saat ini, di Kabupaten Kaur terdiri 18 media siber yang menjadi anggota SMSI. Sedangkan, untuk Provinsi Bengkulu terdapat 90 media sebagai anggota SMSI,” ujar Yusman.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Kaur memberi slogan untuk SMSI Kaur dengan sebutan “Cakep”. Makna dari kata Cakep yakni sebagai implementasi dari Cerdas, Adil, Kreatif, Edukatif dan Profesional kepada SMSI Kabupaten Kaur. Ke depan, dengan slogan ini, diharapkan SMSI Kabupaten Kaur kian berkembang dan terus menyajikan informasi ke masyarakat yang berkeadilan, transparan, edukasi serta penuh kreatifitas dalam keprofesionalan jurnalisme.

“Kata yang tepat untuk SMSI Kabupaten Kaur adalah CAKEP. Makna dari kata ini tentu menggambarkan kekompakan, sinergitas serta keprofesionalan dalam menyajikan informasi yang edukatif,” ujar Kapolres Kaur disambut gemuruh tepuk tangan.

Sebagai dewan penasihat, Kapolres Kaur dan jajaran siap berkolaborasi dalam bidang publikasi kegiatan kepolisian. Selain itu, siap memberi arahan dan pembinaan terhadap seluruh anggota SMSI Kabupaten Kaur. Baik dalam bidang hukum, sosial maupun penyajian informasi publik.

“Selamat kepada seluruh pengurus dan anggota SMSI Kaur yang baru dilantik. Semoga mampu menjadi garda terdepan dalam penyajian informasi yang akurat, berimbang, tidsak hoaxs serta tidak menebar ujaran kebencian. Sinergitas jajaran Polres akan terus ditingkatkan kepada semua rekan-rekan media dan jurnalist,” ucap Kapolres mengakhiri.

Mewakili Bupati Kaur, Gusril Pausi, S. Sos, MAP, Asisten II Pemkab Kaur, Ir Buyung Wiadi, MM menyambut baik pelantikan pengurus dan anggota Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Kaur.

“SMSI Kaur adalah corong kemajuan daerah. Peran dari media siber dalam kesuksesan pembangunan sangat besar. Oleh karenanya, media siber tidak hanya menyajikan informasi atau berita terkait persoalan hukum,” ujar Buyung Wiadi.

Dengan kepengurusan yang baru, diharapkan ada semangat baru serta kekompakan dan kerjasama antara pemerintah daerah dalam penyajian informasi yang akurat. Bahkan, SMSI dapat menjadi wadah dalam promosi potensi daerah. Sehingga, mampu mengundang investor untuk menanamkan modal. Dampaknya, akan banyak terbuka lapangan kerja bagi masyarakat. Karena itu, Pemkab sangat menyambut baik lahirnya SMSI di Kabupaten Kaur.

“SMSI adalah mitra pemerintah dalam promosi serta mengangkat nama baik daerah. SMSI tidak hanya menyajikan informasi yang cepat, namun juga mengenalkan daerah ke dunia luar,” tutupnya.(yudi/awan/rls)

 

 64 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *