Wagub Audy: Pariwisata Mentawai Terindah, Terbaik dan Ternama

  • Share

Mentawai,deteksionline.com-Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy membuka rapat koordinasi Dinas Pariwisata Kabupaten/ Kota, di Tuapejat Mentawai, Sumatera Barat, Selasa (23/3/2021).

“Tadi Bupati sebut Kabupaten Mentawai 3 T, daerah terluar, tertinggal dan terbelakang. Namun saya punya keyakinan pariwisata Mentawai juga ada Tiga T, Terindah, Terbaik dan Ternama,” kata Wakil Gubernur sumatera Barat Audy Koinaldy.

“Saya amat tertarik dan melihat sesuatu yang luar biasa di Kepulauan Mentawai, potensi wisatanya luar biasa,” tambah Audy dalam pembukaan Rakor Dispar kab/kota tersebut.

Menurut Audy, luas wilayah Provinsi Sumatera Barat 42.297,30 Km persegi, lebih luas dari pada luas wilayah Provinsi Jawa Barat yang padat penduduk dengan 35.377,76 Km persegi.

Namun luas wilayah Sumatera Barat lebih didominasi dengan wilayah perairan dan ada 6.000 km persegi itu wilayah kepulauan Mentawai yang tidak terpisahkan.

Audy juga ceritakan program dan kegiatan dalam RPJMD Sumatera Barat 2021-2024 menetapkan destinasi unggulan per Kabupaten/Kota di Sumatera Barat dan Satu unggulan yang mampu dikembangan sebagai wisata dunia.

“Tadi Bupati Yudas Sabaggalet sampaikan jumlah penduduk Indonesia ada 300 juta, jika ada 250 juta yang berwisata, maka jatah wisata untuk Mentawai sangat bayak,” terang Audy.

Untuk kemajuan pariwisata Sumbar, Audy Joinaldy, yang baru satu bulan di lantik Presiden RI, menegaskan menyampaikan perlu pemikiran  bersama Kepala Dinas Pariwisata se-Sumbar, pihak-pihak pelaku pengembang wisata dan lain-lain.

“Bagaimana caranua menciptakan suasana yang bersih, nyaman dan memberikan kesan yang baik agar orang datang kembali mengunjungi lokasi wisata di Mentawai,” tegasnya.

 

Sementara itu Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagalet dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi pelaksanaan rakor Kepariwisataan dilaksanakan di Kepulauan Mentawai.

“Jika perlu setiap kegiatan rakor Sumbar dibawa ke Mentawai, kami akan memberikan pelayanan semaksimal mungkin,” tutur Yudas.

Dalam kondisi saat ini, Mentawai tidak seburuk tagline Tiga T yang dibayangkan banyak orang, namun Mentawai saat ini telah maju menjadi daerah berkembang dengan fokus pembangunan difokuskan pada sektor pariwisata.

Hadir dalam Rakor Dispar itu Ketua BKOW Sumbar Ny. Fitriani Audy Joinaldy, Bupati Yudas Sabaggalet, Wabup Kortanius, Ketua Tim Penggerak PKK Kepulauan Mentawai Ny. Rosmaida Yudas, Forkopimda, Kadis Pariwisata Sumbar Novrial, Kepala BPBD Sumbar Erman Rahman, Sekda kabupaten Mentawai, Kepala Dinas Pariwisata se Sumbar, Asisten dan beberapa Kepala OPD dilingkup Pemkab Mentawai…(delau)

 

 237 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *