Kejari Sidoarjo Tindaklanjuti Laporan Pengadaan Peralatan RPH Modern Krian

  • Share

Sidoarjo,deteksionline.com- Kejaksaan Negeri Sidoarjo telah menindaklanjuti laporan dugaan penyimpangan pengadaan Peralatan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) milik Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo yang dilaporkan oleh Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Amanat Undang Undang (AUU) dan Media.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kepala Seksi Khusus (Kasi Pidsus) Kejaksaan Negeri Sidoarjo Lingga Naurie SH kepada Awak media, Senin ( 22/3/2021). Dalam Seminggu kedepan Kejaksaan akan melakukan telaah terkait dokumen laporan dari LSM AUU tersebut.

“Dalam Minggu ini paling cepat, kami menurunkan Tim Kejaksaan ke lapangan menindak lanjuti pelaporan tersebut setelah kita tela’ah,’ kata Lingga Nauri.

Diketahui sebelumnya, dugaan penyimpangan dana pengadaan Peralatan RPH Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo mencuat setelah adanya laporan dari LSM AUU dan running berita dari beberapa Media di Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu pelapor, Irwan Febrianto mengatakan, pihaknya merasa sangat senang dan memberikan apresiasi kepada Kejaksaan Negeri Sidoarjo karena dengan kerja cepat dan nyata mengungkapkan kasus tersebut.

“Kami melihat banyak pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam proses pengadaan peralatan RPH modern di Krian,” Jelas Irwan saat ditemui usai menghadap Kasi Pidsus Kejari Sidoarjo, Senin (22/3/2021).

Terpisah, Ketua LSM AUU Hari Banteng mengatakan dalam Seminggu Kejaksaan Negeri Sidoarjo akan turun kelapangan, apalagi laporan yang kami sampaikan sudah Sebulan.

“Janji Pidsus Kejari Sidoarjo, mereka akan kelapangan dalam Seminggu,” terang Hari.

Selain itu menurut Hari Banteng, LSM AUU sebagai kontrol sosial di Dinas -dinas yang nakal dan jika ada dugaan pelanggaran hukum memang pantas dilaporkan karena merugikan negara dan jika terbukti korupsi, kasusnya harus sampai di Pengadilan.

“Sebagai kontrol sosial, kami berkewajiban melaporkan jika ada dugaan penyalahgunaan dan atau penyimpangan uang negara kepada pihak Kejaksaan dan kami juga berkewajiban mengawal kasus-kasus itu sampai ke Pengadilan,” tutup Hari…(meri)

 549 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *