DPD RI Berikan Pandangan dan Pendapatnya atas RUU Praktik Psikologi Kepada DPR RI

  • Share

JAKARTA, deteksionline.com-Anggota DPD RI dapil Sultra pada Senin (15/3) menghadiri 2 (dua) agenda Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Komite III DPD RI.yang berlangsung secara virtual dalam rangka Inventarisasi Materi terkait Penyusunan Pandangan dan Pendapat DPD RI terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU).

Tentang Praktik Psikologi dan Inventarisasi Materi terkait inisiasi Penyusunan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

“Saat ini, praktik psikologi semakin berkembang dan meningkat seiring dengan kompleksnya persoalan psikologis. Hal ini berdampak pada tingginya kebutuhan ahli psikologi yang ditandai dengan semakin berkembangnya pendidikan yang melaksanakan penyelenggaraan program studi psikologi,”ucap Andi Nirwana.

Lebih lanjut ditegaskan, para profesional psikologi menjadi salah satu profesi yang paling diminati orang. Selain itu, sebagai satu profesi, tuntutan profesi psikologi untuk memenuhi standar kualifikasi tidak terelakan. Dengan pemenuhan standar kualifikasi, berbagai malpraktik yang mungkin ditimbulkan dapat dihindari.

Untuk memastikan kesiapan dan penyediaan sumber daya manusia profesi psikologi yang berkualitas, diperlukan regulasi setingkat Undang-Undang. yang secara khusus dan komprehensif mengatur tentang praktik psikologi.

“Oleh karena itu, DPR RI menyusun RUU Praktik Psikologi dan meminta kepada DPD RI untuk memberikan pandangan dan pendapatnya atas RUU dimaksud,”tegasnya.

“Terkait Undang-Undang Nomor 11 tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial menurut pandangan DPD RI perlu dilakukan evaluasi kembali untuk memperbaiki berbagai program dan pelaksanaan sosial yang tepat sasaran dan terukur. Undang-Undang ini pun dianggap telah out of date sehingga direkomendasikan untuk direvisi,”tutup Andi ditulis dalam akun medsos, Senin (15/3/21)…

(Bs)

 149 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *