Erzaldi Rosman Panen Padi di Desa Kepoh Basel

  • Share

Babel, deteksionline.com- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman melaksanakan kegiatan panen Padi di area persawahan di Dusun Parit II , Desa Kepoh Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (22/2).

“Alhamdulillah pada hari ini kita melakukan panen, mudah-mudahan ini menjadi keberkahan bagi kita semua,” kata Erzaldi Rosman kepada awak media yang ikut dalam kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu Erzaldi juga mengenalkan teknologi drone kepada para petani agar produksi padi semakin tinggi.

Menurut Erzaldi, dengan teknologi drone, lahan pertanian dapat dimapping terkait kondisi lahan, seperti Power of Hydrogen (pH), kontur tanah sehingga dapat ditangani secara cepat.

“Saya dengar di sini per satu hektar hanya panen 3 ton padi, itu sedikit, semestinya bisa dimaksimalkan hingga 8 ton,” ujar Gubernur Babel tersebut.

Ia menjelaskan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang digulirkan oleh pemerintah dilaksanakan untuk membantu dan mendorong usaha para petani khususnya pada masa pandemi COVID-19 dengan harapan program ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para petani.

“Pemerintah daerah selalu siap membantu petani maupun kelompok tani dalam mengembangkan pertaniannya, karena itulah, jika para kelompok tani merasa ada hal-hal yang diperlukan untuk pengembangan komoditas pertanian, maka pemerintah daerah selalu siap membantu melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait”, jelas Mantan Bupati Bateng itu.

Sementara itu, Ketua Gabungan Kelompok Tani Karya Makmur, Muhammad Nur mengapresiasi kunjungan Gubenur Erzaldi dengan harapan masyarakat dapat terbantu dengan kehadiran teknologi drone yang akan digunakan di lahan seluas 150 hektar ini.

“Alhamdulillah dengan adanya teknologi ini dapat membantu petani, setidak – tidaknya kami tahu kadar keasaman tanah kami bagaimana, sehingga segera dapat kami atasi,” ujarnya…(ant)

 183 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *