Kasus Koruspi Dana Dak 2019 Dinas Pendidikan Basel, Tersangka Baru 2 Orang.

  • Share

Toboali, deteksionline.com- Kejaksaan Negeri Bangka Selatan telah menetap Dua tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana DAK 2019 di Dinas Pendidikan Bangka Selatan dan keduanya saat ini sudah ditahan.

“Tersangka kita titipkan ke sel tahanan Polres Basel dan sebelum dilakukan penahanan kita lakukan pengecekan kesehatan rapid test Covid-19 terlebih dahulu,” kata Kasi Intel Kejari Basel, Dody P. Purba kepada wartawan, Kamis (26/11/2020).

Kedua tersangka itu adalah Apriansyah Hermawan Alias Jensen dan Ardiansyah Alias Rian dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 17 M Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Tahun Anggaran 2019.

Sebelumnya diketahui penetapan kedua tersangka berdasarkan hasil pengembangan penyidikan telah diperoleh bukti yang cukup dalam dugaan tindak pidana korupsi dalam pelaksanaan 36 kegiatan pembangunan atau rehabilitasi prasarana sekolah DAK fisik bidang pendidikan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkab Basel Tahun Anggaran 2019.

“Terkait Kasus Dana Dak 2019 dinas pendidikan basel, tim penyidik sedang dalam proses penyempurnaan berkas perkara, jumlah saksi yang sudah di periksa sebanyak 105 orang, jumlah anggaran yang di periksa oleh tim penyidik kejari basel yaitu kurang lebih 6 Milyar rupiah, dan saat ini sudah dilakukan upaya penyelamatan keuangan negara sejumlah 277 juta yang di setor oleh 33 kepala sekolah untuk 36 kegiatan”, terang Dody P Purba.

Kemudian Dody P Purba mengatakan juga, saat ini tim penyidik sedang menunggu hasil audit dari BPKP terkait berapa hasil ahir kerugian negara dari kasus tersebut.

“Saat ini tim penyidik sedang menunggu hasil akhir penghitungan kerugian negara dari BPKP, setelah itu akan dilakukan proses pelimpahan berkas ke tim Jpu”, tambah Dody P Purba, Selasa (9/2/2021).

Namun saat ditanyakan apakah PPK kegiatan akan ditetapkan menjadi tersangka, Dody mengatakan, untuk PPK belum.

“Saat ini tersangka yang di tetapkan oleh penyidik baru 2 orang itu, sementara untuk PPK belum”, kata Dody…(red)

 294 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *