Diduga Terlibat Korupsi Bank BRI Pangkalpinang, Jhon Ardiansyah Pejabat BPN Ini Menjadi Tersangka Namun Belum Ditahan

  • Share

Babel, deteksionline.com – Perkara korupsi di tubuh Bank BRI Kota Pangkalpinang dan Cabang Pembantu Depati Hamzah tidak saja sekedar menyeret pejabat internal dan nasabah semata.

Namun ternyata ada dugaan juga menyeret pejabat di luar perbankan terutama dari oknum Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Bangka Belitung Jhon Ardiansyah.

Jhon Ardiansyah oknum pejabat di BPN provinsi Bangka Belitung ini pada tahun 2018 bertugas sebagai pejabat pertahanan di BPN Bangka Tengah.  Peran Jhon tak lain adalah memuluskan surat menyurat atau sertifikat terkait kepentingan agunan tersangka utama Sugianto als Aloy guna memproses pengajuan pinjaman ke BRI.

Seperti yang sudah dirilis deteksionline.com , sertifikat pesanan Aloy yang diproses oleh BPN kemudian panen persoalan hukum.

Puncaknya Jhon kini harus berstatus tersangka dalam pusaran perkara korupsi yang telah merugikan keuangan negara mencapai Rp 40,5 milyar, namun nasib bagus masih berpihak kepada Jhon Ardiansyah, karena Penyidik Kejaksaan belum melakukan penahanan.

“Untuk pejabat BPN kini sudah berstatus tersangka . Yang bersangkutan sudah beberapa kali diperiksa penyidik di awal lalu terkait banyak persoalan sertifikat,” kata Asisten Intelijen Kejaksaan Tinggi J Pardede kepada wartawan, Kamis (11/2).

Dari penelusuran wartawan, antara Aloy dan BPN miliki hubungan mesra. Bahkan ada pengakuan dari banyak nasabah BRI korban Aloy mengaku menyaksikan langsung saat di kantor Aloy di Kampung Bintang, petugas BPN kerap keluar masuk.

“Saya melihat langsung 2 petugas BPN yang masih berseragam dinas masuk ke kantor Aloy. Aloy menyerahkan stumpuk berkas kepada petugas BPN itu dan menyerahkan sejumlah uang,” sebut sumber awak media.

Aloy tak perlu repot dan berkeringat menyesaikan setiap sertifikat ke BPN. Sertifikat juga akan dibuat oleh petugas BPN sesuai selera si Aloy.

“Kalau Aloy yang pesan sertifikat secara kilat akan diselesaikan petugas BPN. Karena memang menyelesaikan sertifikat bermasalah itu pakai uang,” ungkap sumber tersebut.

Dalam pusaran perkara mega korupsi Bank BRI ini penyidik Pidsus Kejaksaan Tinggi telah menetapak tersangka sebagai berikut: nasabah Sugianto als Aloy. Selanjut pejabat account officer (AO) BRI yakni Desta, M Dinal, Eduar dan Priandi Al Haq als Kiki, dan Handoyo..(tim)

 768 total views,  2 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *