Dampak Banjir Limbah B3, 4 Perusahaan di Cikande Akan Dipanggil Camat

  • Share

Serang, deteksionline.com- Setelah banyak mendengar keluhan terkait warganya yang terkait banjir limbah yang masuk pemukiman warga dan Pondok Pasanteren diwilayah Cikande Kabupaten Serang, Banten.

Camat Kecamatan Cikande Kabupaten Serang Mochamad Agus S Sos Msi akan memanggil 4 perusahaan yang beroperasi di wilayah Cikande Kabupaten Serang.

Ke-Empat perusahaan yang akan dipanggil oleh Camat Mochamad Agus adalah PT FBS, PT SDP, PT. TESIKA dan PT FRANS PUTRATEX.

Menurut warga Cibereuem Kecamatan Cikande, dimana diduga limbah pabrik tersebut sudah mencemari lingkungan air Sungai Cidurian, sehingga disaat Air Sungai Cidurian meluap dan menyebabkan banjir, bukan saja Air Sungai yang banjir, tetapi limbah B3 juga banjir dan masuk pemukiman warga dan pasanteren.

Banjir akibat luapan air Sungai Cidurian ini adalah peristiwa meluapnya air Sungai kedaratan pemukiman penduduk, karena volume udara yang meningkat, banjir ini terjadi karena peluapan air sungai Cidurian yang berlebihan akibat hujan besar, peluapan air sungai, atau pecahnya bendungan sungai, ”Ucap Camat M Agus, Selasa (9/2) kepada deteksionline.com.

Selain itu, selain itu banjir diwilayah Cikande karena aliran yang relatif tinggi, dan tidak tertampung oleh alur Sungai Cidurian dan Ciptanya dari 4 perusahaan tersebut akan kami layangkan surat untuk pemanggilan agar mempertanggung jawabkan keluhan warga.

“Empat perusahaan diatas akan dipanggil dan mempertanggung jawabkan keluhan warga Cikande dengan adanya banjir limbah B3 yang masuk pemukiman warga dan pasanteren”, terang Camat.

Sementara itu tokoh agama Cikande Ustad Ade Kurniawan meminta ke-Empat perusahaan itu bertanggung jawab atas masuknya limbah B3 ke pemukiman waega dan pasanteren.

“Kami meminta bantuan ke- Empat pabrik itu memberikan bantuan obat-obatan kepada warga terdampak banjir limbah B3, jangan dibiarkan warga kami menderita penyakit kulit dan gatal-gatal karena Air limbah B3 dari perusahaan mereka”, pinta Ustad Ade saat dijunpai deteksionline.com m, Selasa (9/2).

Sementara H. Ade selaku Kasi Trantib Satpol – PP Kecamatan Cikande saat dijumpai deteksionline.com saat permintaan keluhan warga Cikande disebutkan atas oerintah Camat Cikande, sudah meninjau lokasi banjir dan mendapat informasi dari warga ada bantuan sembako dari PT Frans Putratex, namun setelah di ricek kelokasi , itu tidak benar.

“Saya sudah melakukan peninjauan ke rumah warga yang terdampak banjir dan terjangkit penyakit penyakit tersebut, salah satu perusahaan PT Frans Putratex yang mana menurut kabar sudah memberikan bantuan sembako terhadap warga itu tidak benar, jadi belum ada bantuan dari PT Frans Putratex”, tegas Ade Kasi Trantib Satpol PP Kecamatan Cikande Kabupaten Serang.

Terkait bantuan sembako keoada warga, sembako yang di terima oleh warga Cibeureum Desa Cikande Kecamatan Cikande itu bantuan sembako dari Dinas Sosial Kabupaten.

“Itu dari Kecamatan bantuan sembako tersebut dari Dinsos Kabupaten Serang” Tukasnya …. (hidayat)

 346 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *