Pemprov Babel Siapkan 5000 hektare Untuk Budidaya Rumput Laut

  • Share

Babel, deteksionline.com-Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan lahan seluas 5.000 hektare di Kabupaten Bangka Tengah, untuk dijadikan kawasan pembudidayaan rumput laut.

“Kabupaten Bangka Tengah kami nilai cocok menjadi daerah pengembangan rumput laut karena geografis daerahnya dikelilingi laut yang landai dan tenang, kami siapkan 5.000 hektare untuk rumput laut,” ujar Erzaldi Rosman Djohan saat meninjau lokasi pembudidayaan rumput laut sistem kelompok di Gusung Panjang, Desa Batu Beriga, Kabupaten Bangka Tengah, Jumat (5/2).

Erzaldi menjelaskan, pembudidayaan rumput laut di Gusung Panjang ke depan akan bekerja sama dengan pihak ketiga berminat menanamkan modalnya di bidang tersebut.

“Kami sudah berbicara dengan pihak PT Paidi Indo Porang, sebagai calon perusahaan yang akan mengembangkan rumput laut tersebut,” ujarnya.

Ia mengatakan, rumput laut sangat erat kaitanya dalam pengembangan bahan olahan yang berbahan baku porang yang saat ini juga sedang dikembangkan di Desa Namang, Bangka Tengah.

“Tanaman porang di Desa Namang juga dikembangkan oleh perusahaan yang sama, karena rumput laut dan tanaman porang sangat berkaitan, dimana rumput laut menjadi salah satu bahan baku dalam pengembangan produk lain dari porang,” ujarnya.

Ia mengatakan, lebih mengutamakan masyarakat lokal dalam membudidayakan rumput laut dengan pembinaan dari PT Paidi Indo Porang.

“Intinya dalam budi daya rumput laut, masyarakat yang menanam, perusahaan yang membina dan membeli hasil tanam masyarakat sekitar,” katanya…(ant)

 408 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *