Proyek Tanggul Sheet Pile 6 Milyar Sungai Selan Bangka Tengah Diduga Bermasalah

  • Share

Koba, deteksionline.com– Proyek Pembangunan Tanggul (Sheet Pile) Sungai Selan Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung yang dikerjakan CV Serumpun Sebalai Sejahtera pada Tahun 2019 diduga bermasalah.

Pasalnya proyek itu dituding warga Desa Sungai Selan kurang memberikan manfaat pada warga di sekitar lokasi proyek. Padahal tujuan pembangunan proyek Tanggul sheet pile itu adalah memberikan rasa aman kepada warga disekitar Sungai Berok Sungai Selan aman dari banjir.

Dulah salah seorang warga Sungai Selan kepada Deteksi Online mengaku, lokasi rumah mereka masih terendam air Sungai disaat air Sungai sedang pasang.

” Air masih masuk ke rumah kami disaat air Sungai pasang, ketinggian sampai 1 meter lah kalau sedang pasang. Jadi bingung untuk apa proyek ini”, imbuh Dulah, Senin (1/2).

Selain itu dilihat dari bentuk Taludnya juga agak aneh. Kalau kita lihat fisiknya Talud juga , bentuknya ada yang tegak ada yang miring, ada yang pakai jangkar ada yang tidak skor nya, ada yang ditimbun ada yag tidak.

” Terlihat juga bentuk fisiknya Talud  itu agak aneh, namun  hal itu saya tidak mau komentar dalam hal ini karena saya bukan ahlinya. Yang jelas lihat sendiri hasil Talud itu depan mata ini lah barangnya”, terang Dulah sambil menunjukkan telunjuknya ke Talud Sheet Pile di sekitar Sungai Berok Sungai Selan tersebut.

Cuma karena sedang tidak pasang saja ini. Kalau sedang pasang bapak wartawan lihat rumah kami terendam,” keluh Dulah yang saat itu menunjukkan ada retakan yang terdapat persis di tangga dekat rumahnya serta kebocoran pada bagian pondasi yang menjadi pemicu masuknya air ke bagian dalam tanggul sheet pile.

“Beberapa tiang penunjang nya tidak ada cerucuk (jangkar) nya dan sekarang di tangga naik sudah retak di tambah lagi bagian pondasi ada kebocoran sehingga kalau air pasang dengan cepat masuk ke rumah warga sekitar termasuk rumah saya ini,” ujar Dulah memelas.

Untuk diketahui, proyek Talud Sheet Pile Sungai Selan Bangka Tengah dikerjakan oleh kontraktor CV. Serumpun Sebalai Sejahtera yanf beralamat di Jalan Masjid Jamik Ruko Gang Singapura Pangkalpinang, waktu pelaksanaannya 120 hari kalender dimulai 29 Juli 2019, namun setelah tetap dikerjakan pada Tahun 2020 karena tidak selesai sesuai perencanaan.

Dana proyek tersebut bersumber dari dana APBN tahun 2019 dengan nilai kontrak Rp 6.565.567.000,00 dalam nomor kontrak kerja : 690/20a/SPK/PPK.SDA/APBD/2019, sebagai Konsultan Supervisi CV Demensia Arch serta dikawal tim TP4D Kejaksaan Negeri Bangka Tengah.

Sementara itu PPK proyek Talud Sheet Pile tersebut Rahmat yang sekarang menjabat Sekretaris Dinas PU PR Kabupaten Bangka Tengah sampai berita ini tayang belum berhasil dikonfirmasi, saat dijumpai dikantornya Senin (1/2) , Rahmat beralasan belum bisa berkomentar karena ada pemeriksaan BPK…(tim)

 

 

 

 

 240 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *