Hadi Susilo Dukung Jika APH Melakukan Penyelidikan Terhadap Proyek Tanggul Sheet Pile Sungai Selan

  • Share

Koba, deteksionline.com– Ketua LSM AMAK Babel Hadi Susilo sangat mendukung kalau ada Aparat Penegak Hukum melakukan penyelidikan terhadap permasalahan proyek Tanggul Shaat Pile Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah.

Hal itu dikatakan oleh Hadi Susilo usai mendampingi awak media meninjau lokasi proyek Tanggul Sheet Pile, Senin (1/2). Menurut Hadi Susilo, proyek itu sudah bermasalah sejak awal masa pelaksanaan.

” Tempohari saat dalam masa pelaksanaan, proyek ini sudah terlambat dari jadwal masa pelaksanaan, penyebabnya disamping terlambatnya material bangunan, juga waktu itu kelihatan kekurangan tenaga kerja yang diperlukan,” kata Ketua LSM Amak Babel itu.

Hadi juga pernah menyinggung Konsultan Pengawas Proyek ini, para pekerja mengatakan mereka datang hanya sesekali saja.

“Saat itu saya mendapat informasi bahwa konsultannya datang hanya hari-hari tertentu, kendati camp kerja mereka ada di sini,” kata Hadi mengingatkan tempohari pernah mempermasalahkan itu.

Hadi juga menyebut pernah mempertanyakan kepada pantia lelang dari Bangka Tengah terkait harga penawaran pemenang tender. Namun diduga proyek itu memang dari awal sudah di “kondisikan”.

” Dilihat dari persyaratan dokumen tender juga selisih dari harga penawaran dan harga HPS, penurunan persentase sangat minim sekali. “Secara implisit proyek ini terkesan dikondisikan,” ungkapnya.

Kemudian Hadi juga pernah mempertanyakan kepada Kepala Dinas PU PR Kabupaten Bangka Hasan Basri dan kepada PPK Rahmat terkait berapa denda yang dikenakan kepada CV Serumpun Sebalai Sejahtera atas keterlambatannya menyelesaikan proyek itu, namun tidak ada tanggapan.

” Sesuai dengan Keppres No 16 Tahun 2018, pihaknya akan melakukan denda keterlambatan terhadap CV Serumpun Sebalai Sejahtera dari mulai berakhir kontrak kerja sebesar satu permil per hari, dari seluruh kontak kerja untuk kelanjutannya mengingat anggaran tahun sudah berganti dan pemberian sanksi kepada CV Serumpun Sebalai Sejahtera untuk di blacklist”, terang Hadi…(tim)

 461 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *