ICK : Calon Kapolri Haruslah Ahli Kamtibmas

  • Share

Foto // Ketua Presidium ICK Gardi Gazarin Aziz

Jakarta, deteksionline.com-Indonesia Cinta Kamtibmas (ICK) mendukung hak prerogatif Presiden dalam memilih calon Kapolri. Menurut Ketua Presidium ICK Gardi Gazarin Aziz, calon Kapolri haruslah sosok ahli keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Calon pengganti Jenderal Idham Azis yang pensiun juga harus tegas, humanis, dan punya solidaritas tinggi di internal Polri hingga elemen masyarakat.

Gardi menambahkan, calon Kapolri harus tegas memilki kemampuan manajerial ekonomi untuk membantu pemerintah membangkitkan perekonomian Indonesia di masa sulit pandemi Covid-19.

“Tegas dalam memimpin, baik dalam.pembinaan dan senantiasa menjaga nama baik Korps Baju Coklat.( Polri) serta terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakkan hukum serta masyarakat di era pandemi tanpa tebang pilih. Humanis dalam menyikapi persoalan di tengah masyarakat,” ujar Gardi dalam rilisnya, Minggu (10/1).

Selain ahli Kamtibmas, lanjut Gardi, kandidat harus memiliki ketangguhan dalam mengayomi masyarakat.

“Siapa pun Kapolri-nya jangan ditunjuk sosok jenderal Polri yang mudah dendam. Prinsip rakyat Indonesia adalah bisa hidup tenteram, damai dan terjaminnya kamtibmas,” katanya.

Diketahui ada lima nama yang diusulkan Kompolnas dan Wanjakti ke Presiden Jokowi. Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono, Kepala BNPT Komjen Boy Rafly Amar, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjen Arief Sulistyanto, dan Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto.

Presiden Jokowi akan mengirimkan calon pilihannya ke DPR pada Senin (11/1) sebagai pertimbangan dan fit and proper test.

(Ulis)

 342 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *