Pengurus RT RW Seluruh Keluarahan Opas Indah Aktifkan Lagi Poskamling

  • Share

Pangkalpinang, Deteksionline. Dalam rangka upaya antisipasi potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat, seluruh Ketua beserta Sekretaris pengurus RT dan RW se-Kelurahan Opas Indah, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Bangka Belitung, Rabu malam 16/12/2020, kompak berinisiatif melakukan pertemuan pembahasan langkah-langkah menjaga kamtibmas diwilayah 8 RT dan 2 RW setempat.

Pembahasan kamtibmas yang dilakukan didua tempat yang dihadiri Lurah Opas Indah, Juni SE, dan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Opas Indah, Ruli, serta anggota Babin dari Polsek Taman Sari Kota Pangkalpinang.

Pada kesempatan itu turut pula diundang oleh pengurus RT dan RW se-Kelurahan Opas Indah, Ketua Pengurus Kelompok Sadar Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Pokdar Kamtibmas) Resor Pangkalpinang, Jumli Jamaluddin.

Pertemuan untuk sesi pertama di Kedai Kopi Atas Adika diwilayah RT.05 RW.02 tepatnya tidak jauh dibelakang Polres Pangkalpinang, dan kemudian dilanjutkan untuk sesi kedua ditempat jajanan kuliner KampungKu diwilayah RT.01 RW.01 di jalan RE.Martadinata Opas Indah.

Salah satu yang menjadi pokok pembahasan adalah mengaktifkan kembali poskamling diwilayah tersebut yang mengalami mati suri beberapa waktu belakangan ini. Para pengurus RT dan RW sepakat untuk menghidupkan kembali poskamling sebagai bagian dari upaya untuk menjaga kamtibmas maupun bagian dari upaya menjaga dan menciptakan ketenteraman masyarakat diwilayahnya.

Merespon upaya yang disampaikan para pengurus RT dan RW tersebut, kepada media ini Lurah Opas Indah, Juni SE, menyambut baik dan apresiasi atas inisiatif para pengurus RT dan RW tersebut. Pertemuan semacam ini, ini menunjukkan kekompakan dan kebersamaan para pengurus RT dan RW yang berinisiatif berupaya untuk mengantisipasi gangguan kantibmas. Pihaknya akan mendukung sepenuhnya.

Ditambahkan Juni, ini adalah sebagai upaya untuk mendukung Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam upaya mewujudkan Kota Pangkalpinang yang aman dan kondusif serta Kota Beribu Senyum. Tentunya juga turut membantu tugas Pokdar Kamtibmas Resor Pangkalpinang dalam membantu tugas Kepolisian Resor Pangkalpinang untuk menciptakan kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sedangkan Ketua Pokdar Kamtibmas Resor Pangkalpinang, Jumli Jamaluddin berharap pengaktifan poskamling tersebut dapat dilakukan oleh seluruh pengurus RT/RW yang ada dimasing-masing kelurahan di Pangkalpinang. Paling tidak setiap kelurahan minimal ada satu poskamling.

Jumli menyebut bahwa RT dan RW bukan hanya saja sebagai garda terdepan pelayanan pemerintahan ditingkat dasar, akan tetapi juga sebagai ujung tombak kamtibmas.

Ditambahkan Jumli yang juga sebagai pemerhati kebijakan publik dan Ketua LP5 Babel ini, untuk memudahkan dan meringankan tugas tersebut sekarang sudah terbentuk pengurus Pokdar Kamtibmas Sektor dan Sub Sektor hampir diseluruh wilayah hukum Polres Pangkalpinang. Sehingga pihak-pihak ini bisa saling Koordinasi dan sinergi.

Penulis : Gei

 567 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *