Jadi Tersangka Kasus Prokes, Habib Rizieq Sihab Dicekal Untuk Berpergi Ke Luar Negeri

  • Share

 

JAKARTA,Deteksionline.com – Usai ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus kerumunan massa ditengah Pandemi Covid-19, yang terjadi di Tebet, Jakarta Selatan, dan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu, Polri juga melakukan pencekalan terhadap pimpinan Front Pembela Islam (FPI).

Pencekalan tersebut dilakukan agar tersangka tak berpergian keluar negeri. Hal ini dilakukan, guna melancarkan proses penyidik dalam menuntaskan kasus yang menyeretkan terhadap orang nomor satu Front Pembela Islam (FPI) tersebut.

“Penyidik sudah membuat surat pencekalan terhadap Rizieq dalam waktu 20 hari, yang ditujukan ke Dirjen Keimigrasian,” kata KadivHumas Mabes Polri, Irjen Pol, Raden Prabowo Argo Yuwo kepada wartawan, Kamis (10/12).

Bahkan, pada tanggal 7 Desember 2020 lalu surat pencekalan tersebut telah dilayangkan polisi kepada Dirjen Keimigrasian, Kemeterian Hukum Dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), usai dilakukan gelar perkara pada Senin, (0712/2020) lalu.

“Setelah dilakukan gelar perkara pada Senin, 7 Desember kemarin terkait penyidikian penghasutan di muka umun dan UU Kekarantinaan pasal 160 dan pasal 216 disimpulkan status keenamnya dari saksi menjadi tersangka,” tegasnya.

Selain Habib Rizieq Sihab, polisi juga melayangkan surat pencekalan terhadap lima orang tersangka dalam kasus yang sama.

“Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir penyidikan proses hukum dalam kasus yang menyeretkan nama Habib Rizieq dan kawan – kekuarga tersebut,” terangnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Penyidik Polda Metro Jaya menetapkan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka dalam kasus kerumunan di acara akad nikah putrinya, Najwa Shihab di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Penetapan tersangka terhadap pimpinan Front Pembela Islam (FPI) dilakukan usai penyidik Polda Metro Jaya melakukan gelar perkara pada Selasa, (8/12) lalu.

“Selasa kemarin tanggal 8 penyidik Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara tentang tindak pidana kekarantina kesehatan dan pelanggaran di 160 KUHP putri MRS hasilnya ada 6 yang ditetapkan sebagai tersangka,”kata, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol, Yusri Yunus, di Mapolda Metro Jaya, Kamis (10/12).

Selain Pimpinan FPI Habib Rizieq Sihab, penyidik juga menetapkan 5 orang tersangka lainnya mulai dari, penyelenggara, ketua panitiaan, sekretaris panitia, penanggung jawab, penanggung jawab acara, dan juga kepala seksi acara.

“Mereka diantaranya, berinisial, HU, A, MS, SL, dan HI,” terangnya.

Polri kata Yusri bakal menggunakan upaya paksa atau kewenangan polri, sesuai undang – undang melalui dua cara.

“Pertama, upaya paksa pemanggilan dan upaya penangkapan terhadap tersangka dalam lasus ini,” tegasnya.

penulis:Gomes

 507 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *