Diduga Korupsi Dana PID, RJ Mantan Camat Pagai Selatan Menjadi Tersangka

  • Share

Mentawai -Deteksionline.com-RJ Kepala Bidang ( Kabid ) Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai ditetapkan menjadi tersangka oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Mentawai, Selasa (3/11/2020) dalam kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi dana PID Kabupaten Mentawai Tahun 2018.

Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Mentawai Syamsuardi SH. MH membenarkan RJ ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus Proyek Insfrastruktur Jalan Desa ( PID ) Dana APBD Kabupaten Mentawai Tahun 2018.

“Betul ! Kita sudah menetapkan Tiga Tersangka oknum ASN, yaitu RJ mantan Camat Pagai Selatan Pengguna Anggaran sekaligus merangkap PPK dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi kegiatan PID. Nilai kerugian Negara yang ditimbulkan lebih kurang Rp 658.000.000. juta ,” Ungkap Syamsuardi, SH.MH kepada deteksionline.com, Kamis (5/11/2020).

Selain RJ, Kajari Syamsuardi menerangkan juga, ada MS selaku PPTK, dan EEH selaku Bendahara.

” Juga MS selaku PPTK dan EEH selaku bendahara, namun pihak Kejaksaan belum melakukan penahan terhadap para tersangka tersebut”, Kata Kajari.

Lanjut Kajari Kepulauan Mentawai, hasil pemeriksaan Kejaksaan terbukti ada penyelewengan korupsi, dan ini komitmen Kejaksaan memberantas korupsi tanpa pandang bulu di Kepulauan Mentawai ini.

” Kasus ini berawal dari laporan masyarakat dan kita kembangkan, ternyata terbukti ada penyelewengan keuangan negara dan ini adalah komitmen Kejaksaan dalam memberantas korupsi di Kepulauan Mentawai ini tanpa pandang bulu”, Terang Syamsuardi.

Sebelumnya, Kejari Kepulauan Mentawai telah melakukan penyidikan dengan nomor: Print-552/L3.22/Fd.1/08/2020 tanggal 13 Agustus 2020. Sangkaan pelanggaran primair Pasal 2 Ayat 1 jo Pasal 18 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atau Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

” Kejari Kepulauan Mentawai tidak akan memberikan toleransi bagi pelaku korupsi di Kepulauan Mentawai, dan untuk penahanan menunggu informasi berikutnya”, Ucap Syamsuardi kembali.

Sementara itu Wakil Bupait Kepulauan Mentawai
Kortanius Sabeleakke mengatakan sangat mendukung penegakan hukum di Kepulauan Mentawai untuk memberantas korupsi, tanpa pandang bulu, siapa saja orangnya asalkan merugikan uang rakyat harus diberikan pelajaran agar tidak main- main mengelolah uang negara .

” Kita sangat mendukung pak.Kajari Kepulauan Mentawai, uang ini uang rakyat yang harus kita kelola dengan baik untuk kesejahteraan rakyat sehingga negara kita bisa kuat, oleh karena itu karena kita sudah di percaya.oleh negara mengelolah uang negara, kita harus hati – hati dalam pemanfaatannya, secara profesional dan untuk kesejahteraan masyarakat sesuai aturan yang berlaku”, Ucapnya.

Penulis : Delau

 3,368 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *