Pandji Tirtayasa: Kesehatan Masyarakat Menjadi Prioritaskan Utama

  • Share

Serang, Deteksionline.com -Kesehatan menjadi salah satu program prioritas yang digaungkan pasangan calon (paslon) Bupati-calon Wakil Bupati Serang nomor urut 1, Hj. Ratu Tatu Chasanah-H. Pandji Tirtayasa untuk kepemimpinan lima Tahun ke depan.

Untuk kesehatan, selama periode pertama menjabat kepala daerah di Kabupaten Serang, keduanya telah memberikan bukti salah satunya memberikan bantuan 100 unit ambulance desa.

Dari sisi fasilitas, adanya peningkatan fungsi Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dimana fasilitas terebut bukan hanya melayani kesehatan saja akan tetapi juga sudah dapat melayani pengobatan dan rawat inap.

“Untuk sarana dan prasarana kita ada bantuan ambulance. Kita juga meningkatkan fungsi puskesmas yang tadinya hanya sebagai pusat kesehatan masyarakat, kita naikan fungsinya sebagai tempat pengobatan dan rawat inap. Ada penambahan tenaga dokter,” kata Pandji saat kampanye di Kecamatan Pontang, Kabupaten Serang, Selasa (6/10/2020).

Yang paling penting, lanjut Pandji, adalah peningkatan upaya prefentif di masyarakat.

“Bagaimana kita mendorong masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat supaya ngga gampang sakit. Lima Tahun ke depan kita akan jalankan itu, kita upayakan masyarakat meningkatkan kebersihan, makan makanan bergizi, meningkatkan imunitas supaya ngga gampang sakit. Kita juga terus menurunkan angka kematian. Oleh karena itu, program kesehatan masih menjadi salah satu program utama kami,” ujarnya.

Program prioritas lainnya, lanjut Pandji, yakni terkait infrastruktur dan pendidikan. Dimana pada periode pertama kepemimpinan Tatu-Pandji telah berhasil melakukan Betonisasi 560 kilometer jalan rusak.

“Sekarang jalan rusak sisanya 40 kilometer, dan itu saya oastikan akan dibangun di 2021. Kita juga naikan status jalan Desa menjadi jalan Kabupaten,” jelasnya.

“Kita juga telah banyak membangun sekolah-sekolah rusak, juga memberikan beasiswa kepada siswa berprestasi dari tingkat SD hingga Perguruan Tinggi,” sambungnya.

Dalam kampanye kali ini, dengan menggunakan protokol kesehatan, Pandji juga menyempatkan mengunjungi salah seorang warga Singarajan, Kecamatan Pontang, yang mengalami kelumpuhan.

“Banyak masyarakat yang tidak beruntung. Ke depan kita akan terus berupaya meringankan beban masyarakat. Salah satunya melakuakn pemerataan sarana dan prasarana kesehatan dari tingkat desa hingga kecamatan dan kabupaten,” ujarnya.

Pandji juga mengajak masyarakat Pontang untuk selalu menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Ayo jaga keselamatan, ngobrol harus berjarak. Karena saya dapat informasi dari Satgas (satuan tugas) Covid-19 Provinsi kalau Kabupaten Serang sudah masuk zona merah. Makanya harus betul-betul diterapkan disiplin dengan ketat. Saya tidak mau pendukung kami sakit. Makanya kita jaga betul protokol kesehatan dalam setiap kampanye,” pungkasnya.

Penulis : Hidayat

 488 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *