Senator Alexander Ikut Mengawal Pembangunan & Realisasi Jembatan Bahtera Sriwijaya

  • Share

PALEMBANG, deteksionline.com- Jembatan Bahtera Swijaya adalah Jembatan penghubung antar Provinsi Bangka Belitung dengan Provinsi Sumatera Selatan yang letaknya berada di Desa Sebagin, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Belitung.

Jembatan Bahtera Sriwijaya ini insya Allah akan direalisasikan pada tahun 2024, dengan biaya dari APBN.

Menindaklanjuti hal tersebut, sebagai Senator asal Bangka Belitung Alexander Fransiscus yang duduk di Komite II akan mengawal realisasi pembangunan Jembatan Bahtera Sriwijaya.

Pengawalan realisasi tersebut dibuktikan Alexander Fransiscus dengan melakukan Kunjungan Kerja kepada Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Kunjungan Alexander Fransiscus juga didampingi oleh Ketua DPD RI AA La Nyala Mahmud Mattalitti.

Alex (sapaan akrabnya) berharap dengan terealisasinya Jembatan Bahtera Sriwijaya, banyak keuntungan yang didapat oleh masyarakat Provinsi Bangka Belitung, selain memudah transportasi, biaya pengangkutan sembako menjadi lebih murah.

” Selama ini kita mengangkut Sembako melalui jalur laut, dengan terealisasinya jembatan Bahtera Sriwijaya, biaya pengangkutan Sembako lebih murah dan bisa menekan harga Sembako di Bangka Belitung agar lebih murah”, ujar Alex kepada deteksionline.com, Senin (29/9/2020).

Selain itu Alex mengatakan, transportasi keluar daerah semakin mudah dan semakin dekat dijangkau, karena saat ini menurut Alex, jarak Palembang dengan Merak Lampung bisa ditempuh hanya dengan waktu 4 jam perjalanan darat melewari Jalan Tol, jadi akses kita nanti semakin dekat.

Alex berharap, keberadaan Jembatan Bahtera Sriwijaya ini memberikan dampak positif bagi masyarakat Bangka Belitung.

“Keberadaan jalur penyeberangan ini diharapkan berdampak positif bagi masyarakat Bangka Belitung”, imbuhnya.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru berharap hasil yang telah dicapai segera ditindaklanjuti untuk melengkapi syarat usulan ke pemerintah pusat yang sudah dinantikan.

Dia memastikan rencana pelaksanaan pembangunan dapat terealisasi pada 2024.

Kehadiran jembatan tersebut, kata Deru, nantinya akan membuat wilayah gambut di Kabupaten OKI kian terbuka dan mendorong datangnya banyak  investor di kawasan itu. Terlebih dengan telah beroperasinya Tol Trans Sumatra penghubung Palembang–Kayu Agung–Lampung.

Deru menambahkan hal itu tentunya  akan berdampak positif bagi kemajuan sektor ekonomi bagi Provinsi Sumsel dan Provinsi Kepulauan Babel.

“Yang paling diuntungkan tentunya Sumsel. Jika jembatan Bahtera Sriwijaya sudah jadi. Dampaknya akan spektakuler bagi kedua pihak. Komoditas dari Sumsel akan lebih banyak lagi yang akan dibawa ke Bangka,” katanya.

Begitu juga sebaliknya, produk dari Bangka bakal dengan mudah dibawa ke luar hingga ke Pulau Jawa. Belum lagi keuntungan dari sektor pariwisata bagi provinsi tersebut seiring dengan kemudahan akses.

Hadir dalam Kunker tersebut, antara lain Alexander Fransiscus, Ketua DPD RI La Nyala Mahmud Mattalitti, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Forkopimda Propinsi Sumatera Selatan.

Penulis ; Herman Saleh

 630 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *