Erzaldi Percepat Pembangunan Embung Untuk Dukung Pertanian Padi Sawah & Lada di Des Kerakas

  • Share

BABEL, deteksionline.com –  Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman terus mengajak dan memotivasi masyarakat untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi melalui sektor pertanian.

Hal inilah yang salah satunya juga dilakukan Gubernur Babel di Desa Kerakas Kecamatan Sungai Selan Kabupaten Bangka Tengah, Senin (28/09) bersama jajarannya.

Dalam kesempatan ini Gubernur juga  menijau langsung area pengembangan lahan persawahan di Desa Kerakas yang akan dibuka kurang lebih 300 hektar.Yang ditargetkan diselesaikan sampai akhir 2020. Dan setelah itu tetap akan dilakukan secara berkelanjutan.

“Salah satunya adalah kita mempercepat untuk pembuatan embung.Sebab selain sawah, nanti di bagian daratnya akan kita buka untuk areal penanaman lada.

“Untuk lada ini kita juga akan di fasilitasi dengan irigasi yang  lebih baik, sebab di musim panas, tanaman lada tentunya juga perlu supplay air yang cukup,”ujarnya.

Menurut orang nomor satu di Babel tersebut, motivasi hingga fasilitas yang diberikan Pemprov Babel ini adalah upaya berkelanjutan dalam menjaga ketahanan pangan di Babel. Karena ketersediaan stok beras dari dalam daerah Babel sendiri baru terakomodir 37 persen.

“Makanya kita ingin terus membuka peluang ini,sebab saya yakin kita punya SDMnya, arealnya juga ada. Ini semua supaya stok pangan kita tetap aman, termasuk beras bahkan tidak menutup kemungkinan ke depan kita bisa supplay ke daerah lain juga,” tambahnya.

Gubernur Erzaldi Rosman mengaku optimis bahwa rencana pengembangan sektor pertanian padi sawah maupun lada di Bangka Belitung juga akan dilakukan beriringan dengan peningkatan kualitas SDM pertaniannya.

“Saya percaya dan terus meyakinkan masyarakat kita, agar mereka bisa menjadikan produk sawah ini sebagai komoditi disamping komditi yang memang sudah ada dan menjadi budaya bagi masyarakat Babel ini selama ini yakni menanam lada, karet dan sawit,” sebutnya.

Petani di Bangka Belitung harus semakin produktif untuk terus memberdayakan lahan-lahan yang tersedia dengan menanam alternatif tanaman pangan lainnya.

Sebab ditengah pandemi covid-19 seperti ini, salah satunya adalah sektor pertanian  yang dapat di lakukan guna mempercepat pemulihan ekonomi masyarakat. Sebab itu, petani harus punya alternatif dan mampu terus berinovasi  termasuk mengembangkan pertanian padi sawah maupun ladang.

“Sebab saya ingin ini sekaligus dapat ikut memberikan gambaran bahwa investasi pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor persawahan khususnya sudah persawahan sudah cukup besar, makanya harus segera ditanam dan berkelanjutan dalam mempercepat tujuan kita bersama yakni mewujudkan Babel sebagai Berkemandirian Pangan,” dorongnya lagi.

Penulis ; Liya

 213 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *