Sirkulasi Eddy Sebabkan CB Babel Masih Berpotensi Hujan

  • Share

Kurniaji Kepala Seksi Data & Informasi BMKG Pangkalpinang

Pangkalpinang, deteksionline.com – Stasiun Meteorologi Klas I Pangkalpinang memprakirakan bahwa wilayah Bangka Belitung masih akan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang cukup merata di semua wilayah.

“Jadi kalau dari pantauan kami lumayan panjang periodenya, karena Babel juga termasuk salah satu daerah yang terkena dampak gangguan cuaca skala total yang disebabkan oleh terbentuknya sirkulasi eddy atau tertutup di wilayah perairan Sumatera yang menyebabkan daerah -daerah di sekitarnya termasuk Babel yang memiliki potensi pembentukan awan comulonimbus ( CB) juga cukup besar untuk beberapa hari ke depan,” kata Kepala Seksi Data & Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji menjelaskan Senin(14/09).

Ketika awan lokal terjadi maka kecepatan angin di wilayah atmosper termasuk Babel juga semakin melambat.Sehingga ini merupakan salah satu unsur yang sangat dominan menyebabkan besarnya potensi pembentukan awan-awan hujan di wilayah Babel khususnya.
Karenanya berdasarkan pengamatan dari BMKG Pangkalpinang memang diperkirakan masih akan terjadi potensi hujan sedang disertai angin kencang dan petir juga besar di wilayah Bangka Belitung termasuknya tentunya juga Pangkalpinang.

“Seperti biasa kita menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna data BMKG maupun pengambil kebijakan untuk tetap mempersiapkan diri dan waspada terhadap kondisi perubahan cuaca ini khususnya,” tambah Kurniaji.

Penulis ; Liya
Editor ; Herman

 215 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *