Satu Pasien Terkonfirmasi Covid-19 Dinyatakan Sembuh di Mentawai

  • Share

Mentawai,Sumbar, deteksionline.com-
Gugus Tugas covid19 Kepulauan Mentawai , menyampaikan perkembangan Covid-19 melalui Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar, bahwa satu orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh, Pria 51 tahun status PNS asal dari Kabupaten Sijunjung Sumatera Barat, Jum’at (11/9/2020).

“Hari ini satu orang sembuh pasien positif covid19, kita terima hasil pemeriksaan tim Dokter RSUD Mentawai, setelah mendapat hasil negatif swab test dari Laboratorium Unand Padang” terang Lahmuddin.

Pasien tersebut dinyatakan sembuh, berdasarkan hasil pemeriksaan tidak ditemukannya gejala dan tanda infeksi Covid-19 didukung dengan surat dari Laboratorium Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit lnfeksi Fakullas Kedokteran UNAND Nomor : 57l/08/PDRPIFK/2020 tanggal 10 September 2020.

“Pasien asal Sijunjung tersebut dilakukan isolasi selama 14 hari di RSUD, Kabupaten Kepulauan Mentawai, setelah di ketahui positif Virus Corona pada tanggal 29 Agustus 2020 tiba di Tuapejat Kecamatan Sipora Utara menggunakan Kapal Perintis dari Padang ke Tuapejat dalam pengurusan penikahan anaknya”, jelas Lahmuddin.

Dan setelah ditetapkan pasien positif Corona, Gugus Tugas, melakukan tracking terhadap masyarakat mentawai penumpang KM. Perintis Sabuk Nusantara 68, dari Tuapejat, Sioban dan Sikakap termasuk ABK kapal waktu beberapa minggu yang lalu berhasil terinfeksi positif vovid19 jumlah 18 orang.

” Sejak 1 orang penumpang kapal dari Sijunjung ke Tuapejat Mentawai, dan terus melakukan swab test Covid-19 sampai sekarang agar memastikan masyarakat tidak terinfeksi virus corona, dan masyarakat di himbau agar mengikut swab test dengan gratis”, tambah Lahmuddin.

Dengan adanya satu pasien sembuh dari covid-19, Lahmuddin Siregar apresiasi Satgas Covid- 19 di tiga Puskesmas Mapadegat, tuapejat, Puskesmas Sioban dan Puskesmas Sikakap yang telah melakukan Tracking dan swab test.

“Kita juga mengucapkan terima kasih kepada Direktur RSUD Mentawai dr. Jimmy YA, Sp.A dan Tim Covid-19 RSUD mentawai yang telah memberikan pelayanan terbaik terhadap pasien”, ungkap Lahmuddin.

“Kasus baru intuk perkembangan Covid-19 di Daerah Mentawai, kita dapat informasi ada satu orang pria usia 57 tahun terkonfirmasi positif merupakan pegawai UPT Provinsi Sumbar yang bertugas di Perikanan Kecamatan Sikakap”, kata Lahmuddin.

Pasien positif tersebut sudah Dua Minggu di berada di kota Padang disana terpapar , jadi tidak masuk data di Kepulauan Mentawai, sebelumnya diketahui orangnya jalani rapid test di nyatakan reaktif dan dilanjutkan dengan test swab hasilnya positif,

“Sekarang pegawai UPT Perikanan Sikakap tersebut di Isolasi di salah satu rumah sakit di Padang” imbuh Lahmuddin Siregar.

Dalam upaya melawan Covid-19, Kadinkes Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar, dimohon dukungan semua pihak, lapisan masyarakat hanya dengan mengikuti protokol kesehatan dapat memutuskan matarantai virus Corona dengan tidak ada cara lain selain mematuhi displin mejadi budaya sehari-hari memakai masker, cuci tangan, jaga jarak.

Penulis : Delau
Editor : Herman

 397 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *