BSB Syariah Pangkalpinang Dukung QRIS Wujudkan Gerbang Pembayaran Digitalisasi 2025

  • Share

Foto ; Irwan Antony, Pimpinan Bank BSB Syariah Cabang Pangkalpinang

Pangkalpinang, deteksionline.com – Bank Sumsel Syariah Cabang Pangkalpinang berkomitmen mendukung Pemerintah melalui kebijakan Bank Indonesia (BI). Salah satunya adalah Quick Response Code Indonesian Standard( QRIS) yang telah diberlakukan oleh BI sejak awal tahun 2020 tersebut sekaligus mendukung visi transaksi pembayaran 2025 menjadikan Indonesia mempunyai sistem gerbang pembayaran nasional yang terintegrasi dan berbasis digitalisasi.

QRIS telah dirancang dengan inovasi digital yang mampu memberikan banyak nilai tambah. Mengusung karakteriksik UNGGUL (Universal, Gampang, Untung dan Langsung), QRIS dapat memudahkan traksaksi bagi para merchant seperti pelaku wisata, UMKM, usaha kesehatan, perdagangan, rumah ibadah, pondok pesantren hingga lembaga donasi dan sebagainya.

Karakteristik Universal berarti dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran yang dikeluarkan oleh oleh Penyedia Jasa Sistem Pembayaran, Gampang karena masyarakat dapat bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

Untung, karena lebih efisien dan hanya cukup dengan satu kode QR dan dapat digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel. Langsung yang berarti transaksi langsung ternotifikasi dengan prosesnya cepat dan seketika.

Pimpinan Cabang Bank Sumsel Babel (BSB) Syariah, Irwan Antony. S menyampaikan bahwa dengan menggunakan QRIS juga sangat tepat disaat pandemi covid-19 seperti saat ini, karena mampu mengurangi penggunaan uang kertas yang disinyalir dapat menjadi salah satu media penularan covid-19, pelaku usaha juga tidak perlu repot menyiapkan uang kembalian.

Oleh karena itu dalam wujud dukungan penggunaan QRIS, maka dalam aplikasi BSB MOBILE BANKING juga telah tersedia layanan untuk penggunaan QRIS.

BSB syariah sendiri sampai dengan akhir agustus 2020 sudah bekerjasama lebih dari 30 merchant, seperti Baznas, masjid, pondok pesantren, UMKM dan lainnya.

Dengan QRIS maka para donatur akan menjadi lebih mudah dan aman untuk menyalurkan infaq shodaqohnya, hanya cukup dengan membuka aplikasi pembayaran dan pilih menu QR, scan QR code berlogo QRIS yang tersedia di mercant yang diinginkan, input nominal, konfirmasi pembayaran dan masukan PIN untuk melanjutkan transaksi, notifikasi berhasil dan transaksi selesai.

“Jadi memang kita intens sosialisasi ke merchant-merchant yang ada, Alhamdulilah sambutan sangat antusias. Untuk bantuan dana ke Masjid atau rumah ibadah misalnya, dengan adanya QRIS, tidak perlu manual atau datang ke lokasi untuk bertransaksi, tapi bisa di lakukan dimana saja. Bahkan dengan QRIS juga membuka kesempatan luas bagi masyarakat untuk ibadah sebagai tabungan akhirat. Dengan QRIS, maka nanti masyarakat kalau mau kemana pun tentu tak perlu lagi bawa dompet isi tebal, tapi yang perlu diperbanyak adalah saldo dompet virtual,” selorohnya, Jum’at (11/9) kepada awak media, di Pangkalpinang.

BSB Syariah Cabang Pangkalpinang sampai akhir 2020 optimis mampu menembus kerjasama dengan lebih dari 100 merchant di Bangka Belitung.

“Kita tetap memiliki potensi besar, meskipun di tengah pandemi covid-19 saat ini yang telah membuat ekonomi kita melambat hingga kriminalitas yang cenderung meningkat. Makanya dengan QRIS jadi solusinya, salah satunya dapat menekan peredaran uang palsu dan menekan potensi kriminalitas,”ujar orang nomor satu di BSB Syariah Cabang Pangkalpinang ini.

Penulis ; Liya
Editor ; Herman

 637 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *