17 Orang Positif Terkonfirmasi Covid-19 di Pulau Sipora Mentawai

  • Share

Mentawai, Sumbar, deteksionline.com-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lahmuddin Siregar umumkan di Aula kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Mentawai hari ini Senin ( 7/9/2020) ada 16 Orang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Setelah terkonfirmasinya satu orang pasien dari Sijunjung, ini awal dari pekerjaan kita dengan melalukan tracing terhadap penumpang, dan hasilnya satu warga Manganjo positif Covid-19 dan sekarang menyusul 16 orang lagi”, ungkap Lahmuddin didampingi Wakil Bupati, Kortanius Sabeleakke’ dan Kabag Hukum Kabupaten Mentawai, Serieli Bawamenewi, SH

Lahmuddin menjelaskan lagi, hasil tracing pasien dari Manganjo Kecamatan Pagai Utara tersebut, bahwa kontak erat dengan pasien tersebut menghasilkan 16 orang terkonfirmasi Positif.

“Yang mana di tempat kerja pasien yang bersangkutan, sebanyak 25 orang harus di Swab, dan hasilnya 16 terkonfirmasi positif hari ini”, terang Lahmuddin kepada deteksionline.com senin (07/9/2020).

Dengan di temukannya 16 terkonfirmasi, selanjutnya akan ada traking terhadap orang yang kontak erat dengan pasien 16 orang tersebut, sambungnya.

“Dan sampai saat ini, kasus di Kabupaten Kepulauan Mentawai telah mencapai sebanyak 25 pasien yang sudah sembuh 8 orang sedangka 17 orang sedang dalam proses isolasi”,kata Lahmuddin.

“Masyarakat harus memapatuhi protokol Kesehatan, tetap pakai masker, jaga jarak dan waspada, penyebaran Covid-19 ada di tengah tengah kita,  mohon kepada masyarakat  jangan abaikan protokol Kesehatan, tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Mentawai, Kortanuis Sabeleake bahwa pihaknya bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Mentawai melalui Intruksi Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno saat ini akan merancang, menyusun dan menetapkan Perda paling lama tgl 12 September 2020 sudah disahkan

“Jadi pada tanggal 12 itu kita sudah ditetapkan dan langsung implementatif,” sebut Kortanius Sabeleakke kepada Wartawan saat konfrensi Pers di aula Kantor Bupati Kep. Mentawai. Senin, (07/09/2020).

Dengan melalui itu pihaknya dapat memberikan sanksi tegas,  berupa sanksi administrasi, sosial dan pidana serta sanksi yang mengabaikan Protokol kesehatan vovid19.

Selain itu untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 ke pulau lain di Mentawai. Pihak saat ini telah menghentikan operasi kapal antara pulau.

Hal itu  dengan adanya kasus terbaru pasien 1 orang di sikakap dan hari ini 16 bertambah menjadi  17 orang positif terkonfirmasi Covid-19 di pulau Sipora.

“Itu kita lakukan hingga selesainya tracing dari 16 pasien positif tersebut,” terangnya.

Penulis : Delau
Editor : Herman

 363 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *