Kasi Propam Polresta Sidoarjo Gelar Pemeriksaan Kelayakan Senpi dan Surat Izin Anggota

  • Share

Sidoarjo, deteksionline.com – Polresta Sidoarjo gelar pemeriksaan senjata dan surat ijin.Kegiatan dipimpin oleh Kepala Seksi Profesi dan Pengamanan ( Kasi Propam) AKP I Gede Putu Atma Giri dihalaman Mapolresta, Selasa (8/9/2020).

Kasi Propam Polresta Sidoarjo AKP IGP Atma Giri mengatakan,seperti apa yang sudah saya laksanakan 2 hari sesuai petunjuk dari pimpinan, khususnya bapak Kapolresta Sidoarjo dan bapak Wakapolresta Sidoajo kami diharapkan rutin satu bulan sekali harus melaksanakan pemeriksaan senpi bagi anggota jajaran Polresta Sidoarjo, terang Kasi Propam.

Kasi Propam IGP Atma Giri menjelaskan kepada Deteksi Selasa (8/9/2020) pemeriksaan senjata api hari pertama kemarin, kami laksanakan khusus untuk rekan – rekan dari Sabhara,dari Polsek.Hari ke dua ini kami lakukan dari anggota lalu lintas dan anggota yang kemarin belum melakukan.

“Kami laksanakan pengecekan juga untuk surat yang mati. Mati 1 sampai 2 bulan, menjelang mati kami kasih tanda khusus untuk melakukan perpanjangan. Karena butuh waktu juga dari hasil psikologi dari Polda Jawa Timur, paling tidak satu Minggu baru keluar hasilnya. Nah makanya kami kasih kesempatan yang satu bulan menjelang mati harus segera melakukan permohonan perpanjangan”, papar AKP. IGP Atma Giri.

Mengenai penyimpangan penyalahgunaan untuk penarikan senjata api, kami melaksanakan itu tidak harus dengan hasil psikologi. Kita lihat dari kejiwaan anggota sehari-hari, kalau memang ada permohonan dari keluarga didalam menggunakan senjata api itu harus ada ijin terutama dari istri,”tegas Kasi Propam.

Menurutnya, kalau memang ada permohonan dari istri atau keluarga lainnya yang sekiranya membahayakan walaupun psikologinya masih hidup dan masih bisa digunakan kami akan melaksanakan penarikan dan pengamanan anggota.

Masih kata Kasi Propam,surat pernyataan maju ke Kasi Propam itu ada keterangan dari istri, kalau belum ada keterangan dari istri, kami selalu menghubungi istrinya apakah yang bersangkutan punya kebiasaan jelek atau tingkah yang aneh, istri harus tahu dan kalau istri tanda tangan kami siap.

“Kurang lebih 100 personel, karena dari rekan – rekan lalu lintas itu sekitar 50 dan yang lainnya mungkin dari rekan-rekan kemarin yang belum sempat hari pertama hari kedua mereka melaksanakan,dari Satnarkoba, satreskrim”, tambahnya.

Lanjut Kasi Propam, hari ini dari Satlantas, Satintel dari rayon-rayon Polsek yang kemarin belum melaksanakan.

“Mereka melaksanakan hari ini, atau dari rekan-rekan Reskrim dan Satnarkoba yang ada kegiatan kemarin. Karena memang harus selesai dari jajaran Polresta Sidoarjo hari ini”, imbuh AKP IGP Atma Giri.

Kedepannya, tutur Kasi Propam, sesuai dari pimpinan jangan sampai terjadi penyalahgunaan dan penyimpangan penggunaan senjata api bagi anggota kita di Polresta Sidoarjo.

“Paling tidak senjata api ibaratnya seperti istri kita juga,yang harus dibersihkan dan di cek selama penggunaannya jangan sampai salah sasaran. Dan jangan sampai tidak pernah di bersihkan tidak pernah di cek peluru yang digunakan, juga harus dicek sesuai dengan penggunaan SOP senjata api”, tuturnya.

Sementara Bripka Choirul Anam dari Polsek Krian, satu dari anggota yang diperiksa Senpinya mengatakan ini sebagai kontroling pengecekan anggota supaya untuk kelayakan senjata surat -surat apakah benar.

“Suratnya sudah mati apa belum. Disamping itu peluru juga di cek, masih tersisah berapa itu ada pertanggung jawabannya. Saya mendukung karena pertanggung jawaban yang membawa senpi itu.Jadi siap dan tidak masalah”, kata Bripka Choirul.

Penulis ; Tama
Editor ; Herman

 858 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *