UPK 75.000 Disambut Antusias Penukaran Untuk Umum Buka di Oktober

  • Share

PANGKALPINANG, deteksionline.com- Semenjak pemerintah melalui Bank Indonesia telah meresmikan pengeluaran dan pengedaran Uang Peringatan Kemerdekaan( UPK) 75 Republik Indonesia berbentuk uang kertas pecahan Rp.75.000 sebagai alat pembayaran yang syah ( legal tender) yang sekaligus merupakan uang peringatan (commemorative notes) di wilayah NKRI sejak 17 Agustus 2020 lalu.

Hingga saat ini antusias masyarakat untuk memiliki uang edisi khusus tersebut meningkat.Termasuk di Bangka Belitung yang masyarakatnya tak sedikit pula juga ikut melakukan transaksi pembelian UPK 75.000 tersebut secara online.

“Saya juga ingin punya uang edisi khusus 75.000 dan membelinya lewat aplikasi khusus alias secara online.Karena meski bukan untuk digunakan bertransaksi tetapi juga buat koleksi.Tapi sayang kemarin masih sangat ramai orang yang juga mau beli lewat online.Jadi saya pantau ternyata rame sekali yang mau beli,”ujar Nico salah satu warga Kota Pangkalpinang, Senin (31/8).

Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bangka Belitung, Tantan Heroika Sukmadrajat menyebut bahwa
UPK 75.000 ini dilengkapi dengan unsur teknologi pengaman terbaru dan menggunakan bahan uang kertas yang lebih tahan lama.

” Inovasi khusus diciptakan Bank Indonesia dan dimaksudkan agar uang rupiah semakin mudah dikenali ciri keasliannya, nyaman dan aman digunakan dan lebih sulit untuk dipalsukan,”ujar Tantan lagi.

Ia menambahkan, dalam perjalanan sejarahnya Bank Indonesia juga sudah mengeluarkan uang HUT RI sebanyak 3 kali yaitu pada peringatan RI ke-25 tahun1970. HUT RI ke-45 Tahun 1990 dan Ultah ke-50 Tahun 1995 dan UPK 75 Tahun 2020.

Pengeluaraan dan Pengedaran UPK 75 Tahun RI diatur melalui Peraturan BI No.22/II/PBI/2020 Tanggal 14 Agustus 2020 Tentang Pengeluaran dan Pengedaran Uang Rupiah khusus Peringatan 75 Kemerdekaan NKRI Pecahan 75.000 ( Tujuh Puluh Lima Ribu Rupiah).

” Kalau kita liat memang antusiasme masyarakat untuk bisa mengkoleksi UPK 75.000 ini memang cukup tinggi.Dan salah satunya mereka berlomba memesan ewat aplikasi online khusus yang disediakan BI
Karena banyak peminatnya, makanya sampai september full,” tambah Tantan.

Ia menambahkan lagi, bahwa UPK ini merupakan legal tender (alat pembayaran yang sah) dan uang peringatan kemerdekaan RI ke 75.
Uang edisi khusus semacam ini hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar.Yang boleh membeli juga harus berdasar 1 NIK, satu uang kertas UPK75 .Sebab uang peringatan kemerdekaan RI hanya momen khusus setiap 25 tahun sekali lagi.Selain bisa dibeli lewat aplikasi online.Nanti ini juga dapat di ditukarkan bank umum di bulan Oktober.,” jelasnya lagi.

Penulis : Liya
Editor : Herman

 434 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *