Urus STNK/BPKB, Kompol Martinus : KTP Pemilik Kendaraan adalah Syarat Utama

  • Share

JAKARTA, deteksionline.com – Dibutuhkan persyaratan lain saat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor, tidak cukup dengan hanya membawa sejumlah uang saja.

Ketika mengurus perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan ( STNK), Bukti Pemilik Kendaraan Bermotor ( BPKB), juga harus membawa Kartu Tanda Penduduk ( KTP) atas nama pemilik kendaraan.

Jika salah satu syarat tersebut tidak dilengkapi, maka pajak kendaraan bermotor juga tidak bisa dilakukan.

Kasi STNK Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Martinus Aditya menjelaskan, bahwa syarat utama dalam pembayaran pajak tahunan maupun lima tahunan salah satunya adalah KTP.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Kapolri (Perkap) nomor 5 tahun 2012 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Regident).

“Dalam pasal 79 disebutkan mengenai aturan penerbitan STNK baru sebagaimana dimaksud dalam pasal 78 ayat (1) huruf a,” ujar Martin di Jakarta, Senin (31/8/2020).

Dalam pasal tersebut dijelaskan mengenai aturan dalam penerbitan STNK baru, yakni mengisi formulir.

“Pada pasal (1) huruf b dijelaskan bahwa syarat penerbitan STNK baru adalah melampirkan tanda bukti identitas. Untuk perorangan adalah KTP dan surat kuasa bermaterai cukup bagi yang diwakilkan,” terangnya.

Martin menegaskan, berdasarkan aturan bahwa pembayaran pajak menggunakan identitas lain seperti SIM tidak bisa dilakukan.

“Hal ini sudah ada di dalam aturannya yakni Perkap nomor 5 tahun 2012 tentang Regident Ranmor, jadi harus menggunakan KTP atas nama pemilik kendaraan,” pungkasnya.

Penulis : Ulis
Editor : Herman

 417 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *