Babel Targetkan Dapat Bantuan Presiden Bagi 25 Ribu UMKM Produktif

  • Share

Elfiyena Kadis Kop dan UMKM

PANGKALPINANG, deteksionline.com – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Koperasi dan UMKM Bangka Belitung sudah melakukan sosialisasi kepada para pelaku UMKM melalui Dinas Koperasi dan UMKM masing-masing di kabupaten/kota hingga diteruskan sampai ke kecamatan dan desa terkait program bantuan presiden tahap 1 untuk 12 juta pelaku UMKM di Indonesia yang sudah memenuhi persyaratan telah terverifikasi( cleansing) di Kementerian Koperasi dan UMKM Republik Indonesia.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Babel, Elfiyena kepada wartawan ini. Pihaknya mengaku sudah bekerjasama dengan kabupaten/ kota untuk mengupgrade data pelaku UMKM produktif.

Diakui Elfiyena, saat ini data yang sudah terkumpul sebanyak 25 ribu pelaku UMKM.Tetapi dari data 25 ribu ini tentu akan memasuki proses cleansing oleh pihak Kemenkop RI.Sebab persyaratan untuk mendapatkan program bantuan ini antara lain WNI, non ASN, non karyawan BUMN, tidak punya catatan kredit di bank, tabungan tidak lebih dari 2 juta.Program ini juga berlaku berdasarkan hanya untuk 1 NIK dalam 1 keluarga yang memiliki usaha produktif.

” Target kita berharap mampu tembus 25 ribu dan itu sudah bisa kita kantongi dari pelaku UMKM produktif yang ada di 7 kabupaten/ kota se Babel,” sebutnya, Rabu (26/8).

Program bantuan presiden ini akan berlaku hingga minggu kedua September 2020. Bantuan senilai 2.4 juta untuk per 1 NIK tersebut juga akan disalurkan melalui Bank Himbara( BUMN). Sebabnya Elfiyena berharap kepada pelaku usaha mikro dan ultra mikro untuk segera mendaftar melalui dinas koperasi dan UMKM yang ada dimasing-masing kabupaten kota dan mampu memenuhi persyaratan yang ada agar dapat meningkatkan modal usahanya melalui bantuan presiden ini.

“Kami dari perangkat Pemerintah Daerah Provinsi Bangka Belitung akan terus ikut menyuarakan, termasuk program bantuan presiden untuk 12 juta UMKM di Indonesia ini.Karena selama ini sudah banyak fasilitas yang disediakan pemerintah supaya ekonomi begulir masyarakat dapat terus naik. Sebabnya pemerintah berupaya melakukan suntik dana permodalan bagi para pelaku usaha produktif di tanah air,” tambah Elfiyena.

Penulis: Liya
Editor : Herman

 263 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *