Ekspedisi Fordas Babel & Tim Dukung & Bangkitkan Wisata di Pulau Nanas Teluk Kelabat

  • Share

PANGKALPINANG, deteksionline.com- Forum Daerah Aliran Sungai ( Fordas) Bangka Belitung dalam salah satu agenda kerjanya sukses melaksanakan kegiatan pemberdayaan masyarakat di sekitar daerah aliran sungai ( DAS) Antan Pusuk dan Pulau Nanas Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat beserta pemanfaatannya.

Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Fordas Babel, Fadilah Sabri kepada wartawan ini kemarin.Ia menerangkan bahwa kegiatan merupakan bagian dari ekpsedisi Fordas dalam memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke-75 dan perayaan 1 Muharam 1442 H. Dalam kesempatan ini juga di isi dengan ceramah agama ba’da sholat Isya hingga tausiah ba’da Subuh.

“Apa yang kita laksanakan ini memang dalam rangka mengajak kepada seluruh element masyarakat agar semakin sadar dan tergerak untuk senantiasa menjaga amanah Alloh SWT yakni tidak melakukan kerusakan di muka bumi ini.Karena dengan tidak merusak bumi maka lingkungan termasuk Daerah Aliran Sungai (DAS) juga akan senantiasa terjaga sebagai warisan untuk kelangsungan hidup anak cucu dimasa depan.

.” Kami sudah berekspedisi ke pulau nanas.Dan sekaligus kita sudah melihat juga adanya daerah tambang ilegal di daerah Teluk Kelabat yang sangat kami sayangkan.Sebab daerah ini memiliki sejuta potensi yang sangat bagus dan sangat ideal untuk dikembangkan sebagai aset wisata,” sebut Fadillah Sabri.

Salah satu keunikan Teluk Kelabat juga memiliki destinasi keindahan alam berupa batuan karang yang menurut para ahli geologi sudah berusia lebih dari 250 tahun.

Rombongam bermalam, bersilaturahim bersama warga setempat dan juga menanam jambu mete, sirsak dan bibit cempedak antara Fordas Babel bersama komunitas nelayan yang menjaga teluk kelabat yakni Persatuan Nelayan Pecinta Teluk Kelabat sekaligus ikut didampingi teman-teman Komunitas Jelajah Bangka, Angka Muda Muhammadiyah ( AMM) Babel dan Civitas Akademika STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.

“Kami juga berterimakasih kepada BPDASHL Baturusa Cerucuk Provinsi Bangka Belitung, Dinas Kehutanan Babel dan sejumlah pihak lain yang juga telah mensuport kegiatan ini sampai sukses kemarin.

“Setelah ini pastinya kita akan follow-up lagi dan tawarkan konsep apa saja yang paling cocok untuk membantu pengembangan wisata di kawasan Teluk Kelabat lebih lanjut nantinya.Untuk kami juga akan terus melakukan pendampingan kepada masyarakat di sekitar kawasan,” tambahnya.

Penulis : Liya
Editor : Herman

 318 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *