Warga Bangka Yang Kontak Dengan Cluster Covid-19 Sudah di Swab

  • Share

Foto :Boy Yandra saat berolahraga

SUNGAILIAT, deteksionline.com- Guna memutuskan mata rantai penyebaran covid-19 termasuk dari cluster pasien terkonfirmasi positif covid-19 yakni Aparatur Sipil Negara ( ASN) Dinas Pertanian Provinsi Bangka Belitung berinsial JN yang berdomisili di Desa Petaling Kecamatan Mendobarat Kabupaten Bangka.

Juru Bicara Bersama Penanganan Covid-19 Bangka, Boy Yandra mengungkapkan bahwa berbagai pihak yang sebelumnya pernah kontak dengan pasien maupun keluarga pasien.Ia menjelaskan bahwa tim covid-19 telah melakukan swab terhadap orang-orang yang pernah kontak dengan korban JN dan keluarganya.

“Kami menghimbau masyarakat yang pernah kontak dengan JN agar segera melapor kepada pos pelayanan kesehatan Pukesmas Petaling guna memutus mata rantai penyebaran covid-19,” sebutnya, Jum’at (21/8) di Sungailiat.

Boy Yandra juga menyampaikan bahwa pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Provinsi Babel juga sudah bekerjasama dengan Pemerintah Desa Petaling dengan melakukan penyemprotan disenfektan untuk di lingkungan masyarakat dan mushola di sekitar lingkungan tempat JN tinggal dan beraktivitas sehari-hari.

“Jangan ada yang melakukan tatap muka sebelum ada izin dari tim penanggulangan covid-19 Kabupaten Bangka karena masih zona orange,” ujar Boy Yandra menegaskan.

Ia berharap Kabupaten Bangka khususnya dapat cepat melewati masa sulit akibat pandemi Covid-19 ini dan kembali ke zona hijau.

“Kami menghimbau kepada masyarakat maupun pengurus masjid atau mushola agar selalu menggunakan masker setiap akan keluar rumah,selalu menjaga jarak minimal 1 meter, tidak memasang karpet guna memutus mata rantai covid-19,” sebutnya lagi.

Ia juga kembali menambahkan bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka bersama Pukesmas Petaling juga sudah melakukan swab terhadap 40 orang termasuk anak dan istri JN hingga jamaah yang satu mushola dengan JN.

Sedangkan di SDN 6 Petaling yang juga merupakan tempat anak JN berinisial (NH) bersekolah yang juga kontak dengan teman 1 kelasnya juga sudah dilakukan Swab.

Sementara itu rekan JN yang juga merupakan ASN Dinas Pertanian Pemprov Babel berinsial AKR, istri termasuk kedua anaknya ( FH) dan (MDA) yang berdomisili di Sungailiat juga sudah dilakukan swab di Rumah Sakit Depati Bahrin Sungailiat.

Di himbau kepada masyarakat yang mungkin pernah kontak dengan pasien agar melapor ke Pukesmas Kenanga maupun Rumah Sakit Depati Bahrin Sungailiat untuk dilakukan swab. Sedangkan untuk H yang juga warga Kecamatan Mendobarat juga sudah dilakukan swab dan semoga hasil test kepada orang-orang yang juga pernah kontak dengan H juga negatif,” harap Boy Yandra.

Penulis : Yulia
Editor : Herman

 183 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *