Erzaldi Akan Lakukan Ini Demi Babel Mandiri Pangan

  • Share

PANGKALPINANG, deteksionline.com- Gubernur Erzaldi Rosman mengaku selaku pemimpin di Negeri Serumpun Sebalai pihaknya terus berupaya sebagaimana mestinya untuk meningkatkan sektor kemandirian pangan di Bangka Belitung. Bahkan Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo yang juga sudah melakukan kunjungan kerjanya di Bangka Belitung beberapa waktu lalu juga telah menyatakan siap mendukung melalui berbagai program produktif untuk meningkatkan sektor produksi pangan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

“Babel ini menjadi salah satu bagian dari 17 provinsi lainnya di Indonesia yang menjadi perhatian pemerintah pusat berkenaan dengan kemandirian pangan, mengingat pangan kita ini khususnya untuk beras baru tersuplay dengan kemampuan Bangka Belitung baru 35 persen dari hasil pertanian yang dihasilkan dari dalam daerah kita,”ujar Erzaldi ditemui usai menjadi inspektur upacara Peringatan Proklamasi RI ke-75,Senin (17/08)

Ia mengaku bersyukur karena presentase 35 % ini sudah meningkat dari tahun 2017 yang hanya mencapai 17 persen. Karenanya lah pemerintah bersama seluruh staekholder, TNI dan masyarakat akan terus berupaya dalam meningkatkan sektor produksi dan kemandirian pertanian yang memang sangat menjadi fokus dan perhatian besar pemerintah daerah maupun pusat.

“Kita sudah ada target mandiri dalam memenuhi ketersediaan pangan, tidak saja beras tetapi juga tepung
tapioka, perikanan, sebabnya kita juga mendorong beberapa lahan cadangan kita untuk segera ditanam. Pemprov juga mendorong investasi untuk tambak udang dan pengelolaan udang,”sebutnya.

Gubernur Babel ini optimis dalam waktu dekat juga akan ada investasi dari luar yang berkenaan bekerjasama dengan Babel dalam rangka peningkatan nilai ekspor Babel seperti dengan mendirikan pengelolaan udang atau cool storage udang.”Sehingga kita mendorong ke depan Babel bisa mengekspor sebagai kekuataan ekonomi kita,”sebutnya optimis.

Sukses melakukan ekspor perdana lidi nipah ke Nepal bulan lalu. Diakuinya kini justeru mampu menjadi pemantik untuk dapat memenuhi permintaan pasar ekspor lebih banyak lagi.Akhir bulan ini akan diekspor lagi 2 kontainer lidi nipah. Dan selanjutnya diharapkan akan terus ditingkatkan menjadi 6 kontainer.”Permintaan ke kita Alhamdulilah sekarang sudah mulai banyak termasuk juga cangkang sawit,karenanya November nanti siap kita ekspor lagi ditambah juga tandan sawit,”tutur orang nomor satu Babel tersebut.

Guna mendukung kelancaran proses ekspor tentunya juga membutuhkan fasilitas yang memadai termasuk di pelabuhan.Oleh karenanya Pemprov Babel kini sedang membenahi sejumlah pelabuhan termasuk pengembangan pelabuhan Pangkalbalam dengan segala keterbatasannya saat ini, juga pelabuhan Belinyu yang akan terus di tingkatkan kemampuannya hingga rencana pengembangan pelabuhan lebih refresentatif di Tuing Belinyu..(liya)

 137 total views,  1 views today

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *